Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kiai Zakki Mubarak Ajak Kaum Muslimin Rajin Shalat Tahajud

Kiai Zakki Mubarak Ajak Kaum Muslimin Rajin Shalat Tahajud
Mustasyar PBNU KH Zakki Mubarak. (Foto: YouTube NU Online)
Mustasyar PBNU KH Zakki Mubarak. (Foto: YouTube NU Online)

Jakarta, NU Online
Shalat Tahajud adalah amaliah sunnah yang dikerjakan pada waktu sepertiga malam terakhir yang memiliki keutamaan tertentu. Oleh karena itu, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Zakki Mubarak mengajak kaum muslimin untuk melaksanakan shalat Tahajud meskipun hukumnya sunnah.


Kiai Zakky mengatakan bahwa shalat Tahajud merupakan shalat yang sangat penting. Tahajud telah menjadi gaya hidup kita, sehingga kita melaksanakannya setiap malam.


“Meskipun sunnah, tapi sunnah muakkadah (dikuatkan),” tutur Kiai Zakky dalam tayangan YouTube NU Online bertema 'Biasakan Bangun Malam, Shalat Tahajud', pada Selasa (9/8/2022).


Oleh karena itu, lanjut Kiai Zakky, melaksanakan sholat Tahajud harus rutin dan terus-menerus. Tidak hanya ketika ingin saja dan justru malah sering ditinggalkan.


“Rasullullah mengingatkan kita dalam sebuah hadits yang artinya, janganlah kamu seperti si Fulan. Dia itu tadinya shalat Tahajud, kemudian dia tinggalkan. Padahal malam-malam sebelumnya justru dia rajin shalat Tahajud lalu dia meninggalkannya,” terang Kiai Zakki.


Hadits itu, menurut Kiai Zakki, dapat dimaknai bahwa si Fulan bangun di tengah malam tapi meninggalkan shalat malam atau Qiyamul Lail.


“Bisa anda bayangkan dia bangun ke mana. Bangun tengah malam mungkin hanya pergi ke kamar mandi. Lalu, kembali tidur tanpa mengerjakan Qiyamul Lail atau shalat Tahajud. Itu jangan sampai,” ujarnya.


Kiai Zakki mengingatkan agar jangan sampai seorang muslim sama seperti si Fulan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad saw, yaitu bangun di malam hari tetapi tidak melaksanakan shalat Tahajud.


“Semoga kita bisa mencontoh kehidupan Rasulullah dan para sahabatnya dalam berbagai amaliah keseharian,” harap Kiai Zakki.


Kontributor: Afina Izzati
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×