Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Lirik Mars GP Ansor dan Ketetapan Peraturan Organisasi 

Lirik Mars GP Ansor dan Ketetapan Peraturan Organisasi 
Ilustrasi: Mars GP Ansor ini terdiri dari empat bait yang menggambarkan tentang perjuangan para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan.
Ilustrasi: Mars GP Ansor ini terdiri dari empat bait yang menggambarkan tentang perjuangan para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Jakarta, NU Online

Gerakan Pemuda (GP) Ansor sebagai organisasi kepemudaan memiliki lagu atau mars sebagai salah satu atribut keorganisasian. Hal ini sebagaimana termaktub dalam Peraturan Dasar (PD) GP Ansor Bab VII Pasal 8. 


Mars GP Ansor menjadi salah satu keputusan resmi dari Konferensi Besar XVIII Gerakan Pemuda Ansor di Jakarta pada 2012. Keputusan dengan Nomor: 12/KONBES-XVIII/VI/2012 ini berisi Pengesahan Peraturan Organisasi (PO) Gerakan Pemuda Ansor tentang Mars Gerakan Pemuda Ansor. 


Pasal 1 dari PO GP Ansor itu berbunyi bahwa Mars Gerakan Pemuda Ansor adalah lagu ciptaan Iskandar, syairnya oleh H Mahbub Djunaidi dengan irama 2/4. Sementara Pasal 2 menjelaskan lebih rinci tentang tujuan, makna, dan penggunaan Mars GP Ansor ini. 


Pertama, Mars GP Ansor merupakan salah satu kebanggaan organisasi yang harus dijaga dan dijunjung tinggi sebagai simbol spiritual perjuangan organisasi GP Ansor. Kedua, Mars GP Ansor diajarkan, didalami maknanya, dan dinyanyikan pada setiap pelaksanaan pendidikan kader GP Ansor di semua tingkatan. Ketiga, Mars GP Ansor dimaksud dalam Pasal 1 PO ini wajib dinyanyikan pada kegiatan-kegiatan seremonial Gerakan Pemuda Ansor.


Mars GP Ansor ini terdiri dari empat bait yang menggambarkan tentang perjuangan para pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan. Berkat para pendahulu itu, bangsa Indonesia saat ini telah bebas dari jeratan penjajahan. 


Kemudian lirik Mars GP Ansor ini seperti membangkitkan semangat para kader untuk menghadapi berbagai rintangan yang datang. Tujuannya tak lain hanya untuk menegakkan keadilan dan menghancurkan kezaliman serta membela agama, bangsa, dan negeri. 


Berikut lirik lengkap Mars GP Ansor: 


Darah dan nyawa telah kuberikan
Syuhada rebah Allahu Akbar
Kini bebas rantai ikatan
Negara jaya Islam yang benar


Berkibar tinggi panji gerakan
Iman di dada patriot perkasa
Ansor maju satu barisan
Seribu rintangan patah semua


Tegakkan yang adil hancurkan yang dzalim
Makmur semua lenyap yang nista
Allahu Akbar – Allahu Akbar
Pagar baja gerakan kita


Bangkitlah bangkit putera pertiwi
Tiada gentar dada ke muka
Bela agama bangsa dan negeri.


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×