Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

PBNU Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 ke Berbagai Daerah

PBNU Salurkan Bantuan untuk Penanganan Covid-19 ke Berbagai Daerah
Serah terima bantuan untuk NU Peduli Copid-19 dari PSMTI kepada PBNU (Foto: NU Online/Wahyu)
Serah terima bantuan untuk NU Peduli Copid-19 dari PSMTI kepada PBNU (Foto: NU Online/Wahyu)
Jakarta, NU Online 
PBNU menerima bantuan tambahan untuk operasional Satuan Tugas NU Peduli Covid-19 dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) dan Indonesia Morowali Industrial Park. Bantuan tersebut diserahkan kedua belah pihak di PBNU, Rabu, (15/4).
 
Menurut Koordinator Satuan Tugas (Satgas) NU Peduli Cegah Covid-19 dr Makki Zamzami, PBNU menerima bantuan alat kesehatan dan disinfektan serta antiseptik yang akan segera disalurkan ke posko-posko NU Peduli Covid-19 di berbagai daerah. 

“Biasanya alat pelindung diri (APD), masker, termasuk penutup sepatu, kita kirimkan ke rumah sakit. Sementara disinfektan kita salurkan ke posko-posko terdekat, terus antiseptik langsung ke masyarakat, masker kain juga ke masyarakat, disalurkan melalui posko-posko daerah yang tidak terlalu jauh. Saat ini distribusi agak mahal,” jelasnya. 

Ia merinci, bantuan tersebut ada yang dikirim pula ke beberapa rumah sakti NU di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cara penyalurannya ada yang langsung ke rumah sakit bersangkutan, ada pula yang melalui Asosiasi Rumah Sakit NU (Arsinu). 

“Di Jakarta ada juga rumah sakit umum yang mengajukan permohonan APD karena mereka melihat ada bantuan dan mereka butuh di-support. Ya kita support. Di Jakarta ada juga rumah sakit milik orang NU yang masuk Arsinu, ya kita support juga,” katanya.  
Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini NU memiliki posko penanganan Covid-19 di 29 wilayah (provinsi). Setelah wilayah terbentuk mereka diminta untuk menginisiasi terbentuknya posko daerah, yaitu di tingkat kabupaten dan kota.

“Meskipun tidak 100 persen di seluruh Indonesia, tapi posko tersebut terus berkembang. Setiap daerah, PBNU menegaskan untuk waspada, apalagi sekarang sudah ada zona merah di beberapa daerah,” katanya. 

Pergerakan NU Peduli Covid-19 di luar Jawa, tambahnya, masih ada yang dalam tahap sosialisasi dan pencegahan seperti melakukan penyemprotan disinfektan di kantor NU dan madrasah atau sekolah milik NU. 

“Alhamdulillah warga NU makin mengerti dan waspada dan bersiap melakukan penangananan Covid-19,” pungkasnya. 

Pewarta: Abdullah Alawi
Editor: Kendi Setiawan
 


Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×