Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Posko Mudik Ansor Jadi Ajang Silaturahim Relawan Lintas Agama

Posko Mudik Ansor Jadi Ajang Silaturahim Relawan Lintas Agama
Posko mudik ansor jadi ajang silaturahim relawan lintas agama.
Posko mudik ansor jadi ajang silaturahim relawan lintas agama.

Jakarta, NU Online

Posko Mudik Persaudaraan Gerakan Pemuda (GP) Ansor di sejumlah wilayah se-Indonesia telah melakukan berbagai kegiatan untuk melayani para pemudik yang ingin beristirahat dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Selain itu, Posko Mudik Ansor menjadi ajang silaturahim relawan lintas agama. 


Kepala Satuan Khusus Nasional (Kasatsusnas) Banser Tanggap Bencana (Bagana) Chabibullah melaporkan, Posko Mudik Ansor yang terletak di Jalan Magelang-Yogyakarta KM 21 Pulosari, Salam, Magelang, Jawa Tengah, menjalankan aktivitas layanan bagi para pemudik dan pengguna jalan.


Lalu saat tengah menjalankan aktivitas, tanpa persiapan khusus, Posko Mudik Ansor itu dikunjungi oleh seorang Pastor dari Gereja Katolik Santa Theresia, Salam, Magelang, yakni Romo Santo dan relawan Salam Community Center (SCC) yang bermarkas di gereja. 


“Romo Santo bersama rombongan berjumlah sepuluh orang, terpanggil mengunjungi posko mudik persaudaraan karena melihat aktivitas yang tidak pernah berhenti dalam 24 jam, sejak 25 April,” ungkap Chabibullah kepada NU Online lewat pesan singkat, Ahad (1/5/2022).


Ia mengatakan, Romo Santo menyampaikan apresiasi dengan melihat langsung semangat dan kerelawanan Ansor-Banser di posko mudik yang berada di halaman Kantor Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Salam, Magelang, Jawa Tengah itu.


Chabib menjelaskan, semangat itu mendorong Romo Santo untuk ikut terlibat bersama Ansor dan Banser di dalam posko. Relawan SCC akan berperan aktif dan bergabung dengan semangat menciptakan suasana aman dan nyaman bagi pemudik, serta membantu kelancaran lalu lintas di ruas jalan yang masuk wilayah Kabupaten Magelang sebagai jalan nasional.  


Sekretaris PAC GP Ansor Salam, Deby juga mengapresiasi Romo Santo dan rombongan ke Posko Mudik Ansor. Menurutnya, suasana persaudaraan dan keterlibatan relawan dari Gereja Theresia menjadi bukti jalinan sosial antar-elemen pemuda yang akan tetap terjalin di berbagai momentum kegiatan sosial-keagamaan. 


“Ini adalah nilai dasar bangsa dalam realitas kemajemukan sebagaimana realitas berbangsa di Indonesia,” ungkapnya. 


Sementara itu Kepala Satuan Koordinasi Rayon Banser Salam, Arief menyampaikan bahwa aktivitas Posko Mudik Persaudaraan Ansor Salam ini berjalan sejak 25 April 2022 hingga H+5 Lebaran. Fokus layanan posko adalah memberi layanan bagi pemudik dan pengguna jalan yang melintas di depan posko. 


“Layanan yang disediakan adalah tempat istirahat dan informasi serta penciptaan kelancaran lalu lintas. Di dalam posko juga disediakan makanan berbuka puasa dan sahur gratis serta fasilitas tempat ibadah dan MCK (mandi cuci kakus),” kata Arief.


Ketua Tanfidziyah MWCNU Salam KH Ujang Sehabudin dan Rais Syuriyah MWCNU Salam KH Khabibullah beserta jajaran pengurus yang lain pun mengunjungi Posko Mudik Persaudaraan Ansor itu. Kiai Ujang mengatakan, motivasi kepedulian anak-anak muda yang tergabung di dalam badan otonom NU di Salam, perlu diteruskan dan ditingkatkan.  


“Layanan yang dilakukan posko ini menginspirasi kepeloporan pemuda yang menjadi generasi  penerus dalam beragama, bersosial, dan berbangsa, serta menjadi media kebersamaan lintas elemen kepemudaan,” ucap Kiai Ujang. 


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Magelang Arif Solihan bersama jajaran pengurus juga melakukan silaturahmi ke posko. Ia menekankan, komitmen kebersamaan menjadi motivasi Ansor dalam berbagai kegiatan. 


“Hal ini menjadi perwujudan dari konsep washatiyah yang menjadi prinsip organisasi dalam bergerak dan berkhidmah ke masyarakat dan negara,” katanya. 


Terdapat enam Posko Mudik Persaudaraan yang dibuat GP Ansor di Kabupaten Magelang. Posko itu tersebar di Kecamatan Kajoran, Salaman, Tempuran, Muntilan, Salam, dan Ngluwar. Keenam posko ini menyediakan fasilitas layanan yang sama. 


Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Syakir NF



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×