IMG-LOGO
Esai

Goresan-goresan Kaligrafi di MTQ Riau

Jumat 21 Desember 2018 7:0 WIB
Bagikan:
Goresan-goresan Kaligrafi di MTQ Riau
Oleh Didin Sirojuddin AR
Tulisan dan lukisan kaligrafi di MTQ Provinsi Riau XXXVII (11-18/12/2018) tambah dahsyat saja. Dahsyat dan  memikat. Bukan hanya bikin hati saya senang. Saya malah terseret ke  kenangan tahun 1994. Itulah waktu  diselenggarakannya MTQ Nasional XVI di "Bumi Lancang Kuning" Riau.

Saya ketika itu ditunjuk sebagai salah satu jurinya. Sebelumnya, saya sudah delapan kali bolak-balik Jakarta-Pekanbaru untuk menggembleng delapan khattat (kaligrafer) Riau agar kuat berkompetisi dalam musabaqah akbar tersebut.

Dalam MTQ Nasional 1994, saya bikin dialog kaligrafi yang disisipi dengan deklarasi Lancang Kuning  Agreement  (Kesepakatan Lancang Kuning), yaitu, sepakat meniru Lancang Kuning.

Lancang Kuning adalah kapal layar kebanggaan Kerajaan Melayu Riau. Bila berlayar malam dengan gelombang menerjang, Lancang Kuning harus dikemudikan nakhoda ahli supaya tidak tenggelam.

Deklarasi itu sengaja dibuat sebagai titik tolak semangat  "pengembangan kaligrafi di Indonesia", dari MTQ Nasional 1994 di Bumi Lancang Kuning Riau. Sebab, waktu itu, MKQ (مسابقة خط القرآن) masih dalam tahap belajar, sederhana, sedang mencari bentuk jati dirinya, dan memerlukan "gebrakan". Gebrakannya dimulai dari "semangat menerjang gelombang" sang bahtera Lancang Kuning.

Berikut ini lirik lagu Lancang Kuning Jamal Abdillah agar serasa diayun ke alam mimpi:

Lancang Kuning
Lancang Kuning belayar malam
Belayar malam...

Lancang kuning
Lancang Kuning belayar malam
Hai belayar malam...

Haluan menuju
Haluan menuju ke laut dalam
Haluan menuju

Kalau nakhoda
Kalau nakhoda kuranglah paham
Hai kuranglah paham...

Kalau nakhoda
Kalau nakhoda kuranglah paham
Hai kuranglah paham...

Alamatlah kapal
Alamatlah kapal akan tenggelam
Alamatlah kapal
Alamatlah kapal akan tenggelam...

Lancang Kuning belayar malam... (2x)

Lancang Kuning
Lancang Kuning menentang badai
Menentang badai...

Lancang Kuning
Lancang Kuning menentang badai
Hai menentang badai...

Seperti serentetan mitraliur yang ditembakkan, semangat "menerjang gelombang" dibawa seluruh peserta MKQ-MTQ Nasional  ke seluruh penjuru Indonesia. Sejak 1994 itu, Kaligrafi di Indonesia tidak lagi hanya keterampilan, apalagi skill zonder ilmu. Para khattat mengembangkannya ke pemikiran. Maka, jadilah  kaligrafi benar-benar seni (الخط فن), kaligrafi benar-benar ilmu (الخط علم), kaligrafi benar-benar filsafat (الخط فلسفة).

Para peserta musabaqah tambah menguasai (dengan tingkat kehalusan menggores) ragam khat Naskhi, Tsulus, Farisi, Diwani, Diwani Jali, Kufi, dan Riq'ah dengan rincian lekak-lekuknya. Unsur seni rupanya juga show bizarre warna-warna yang semakin sensasional.

Inisiatif berkreasi penuh inovatifnya disokong terus oleh kehadiran gaya-gaya kaligrafi kontemporer (tradisional, simbolik, figural, ekspresionis, dan abstrak) yang, aduhaaai, menambah greget saja dalam berkarya.

Persaingan yang  bertambah ketat, berekses ke kompetisi yang semakin keras. Berbeda dengan karya-karya sebelum 1994 yang kalem bin adem, pasca-1994 semuanya jadi karya-karya perjuangan yang lebih liar.


Saya lihat para peserta lomba berdatangan di arena musabaqah  dengan tampang-tampang pejuang seperti Yulius Caesar datang di kota Roma dengan teriakan "vini, vidi, vici" ("aku datang, aku lihat, aku menang") dan seperti datang untuk menyimak wejangan amir al-syu'ara (raja penyair) Ahmad Syauqi:

قف دون رأيك فى الحياة مجاهدا • إن الحياة عقيدة وجهاد

Artinya, "Perjuangkanlah pendapatmu sekuat tenaga dalam mengarungi hidup • Sesungguhnya hidup adalah keyakinan dan perjuangan."

Teringat, di tahun 1994, saya melatih beberapa kader Riau:  Muktamar, Ali Muhsin, Nana Natsiruddin, Abdul Lathif, Syamsul Rizal, Umi Kalsum,  Siti Rahayu, dan Yelia Erawati. Kini, 24 tahun kemudian, mereka sudah jadi tokoh dan pembina kaligrafi di Riau.

Hari ini di tahun 2018, Riau memiliki lebih 200 khattat/kaligrafer profesional, mayoritas alumni Pesantren Kaligrafi Alquran Lemka, Sukabumi. Uniknya, santri Lemka pertama berasal dari Riau. Dari Riau pula jumlah santri terbanyak saban tahun. Ini mengundang dan menggoda santri dari 30 lebih provinsi lainnya, meneladani Riau.

Di mana-mana anak muda menulis dan melukis kaligrafi. Gelombang air laut dan badai mengamuk tambah menjadi-jadi. Hebatnya, bahtera Lancang Kuning malah berlayar tambah kencang. Teruuuslah melaju tambah kencang.


*) Penulis adalah pengasuh Lembaga Kaligrafi (Lemka) yang juga pengajar pada Fak. Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah.
Tags:
Bagikan:
Kamis 13 Desember 2018 16:0 WIB
Nama dari Kiai untuk Santri
Nama dari Kiai untuk Santri
KH Imam Syamsuddin
Oleh Abdullah Alawi

Semula ia bernama Bambang Margono, tapi ketika menimba ilmu di Tebuireng, Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari menggantinya dengan nama Ahmad Shobari. Nama pemberian Hadratussyekh itulah yang melekat kepadanya. Kecintaannya kepada Hadratussyekh, dilakukannya dengan mengajar di Tebuireng. Dia bolak-balik rumah dan pesantren selama 33 tahun dengan menggunakan sepeda ontel sejauh 5 km.

Menurut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) sebagaimana dikutip di buku Kiai Shobari; Santri Kinasih Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari, Kiai Shobari tidak pernah mengeluh menjalani puluhan tahun bersepeda. Tanda takzimnya kepada guru, ketika memasuki kompleks Tebuireng, ia akan menuntun sepedanya itu. Lalu setelah agak jauh, Kiai Shobari akan menunggangi sepedanya lagi. 

Soal kiai yang mengganti nama santri dialami tokoh NU Kabupaten Sukabumi, KH Imam Syamsuddin. Ia mengaku diberi nama depan oleh KH Ahmad Syaikhu, salah seorang tokoh NU tahun 70-an. 

“Sebelumnya nama saya hanya Syamsuddin,” katanya. 

Kemudian ia bercerita bagaimana pertemuannya dengan KH Ahmad Syaikhu. "Pada tahun 1974, usia saya baru berusia 18 tahun, nyantri di pesantren Al-Falah yang dipimpin KH Abdullah Sanusi, tokoh NU Sukabumi yang mewakili daerahnya menghadiri Muktamar NU 1952 di Palembang,” jelasnya. 

Pada tahun tersebut, sambung Syamsuddin, pesantren Al-Falah dikunjungi tiga tokoh NU, yaitu KH Idham Chalid, KH Ahmad Syaikhu dan Subhan ZE.

“Kalau tidak salah urusan partai PPP,” katanya.

Santri Syamsuddin dipercaya ajengan untuk menerima tamu, memberi suguhan makanan, dan minuman. Ketika ia hendak undur diri, entah sebab apa, KH Ahmad Syaikhu menahannya. 

“Sebentar, siapa namamu?” tanya KH Ahmad Syaikhu.

“Syamsuddin,” jawabnya.

“Saya kasih tambahan nama depan ya. Ditambah Imam. Jadi, Imam Syamsuddin.”

Syamsuddin adalah santri yang menghormati guru. Juga sahabat guru. Diberi nama depan seperti itu, diterima dengan ikhlas. Nama depan “Imam” melekat hingga sekarang.

Selain aktif di NU, Syamsuddin yang juga jebolan jurusan sejarah IKIP Bandung ini adalah dosen di STAI Al-Masthuriyah. Juga mubaligh populer di Sukabumi. Salah satu ciri khas ceramahnya selalu bernuansa sejarah lengkap dengan tanggal dan tahun. 

Selain itu, ia aktif mengajar ngaji ibu-ibu dan bapak-bapak di kediamannya, Cibadak, Sukabumi.

Di pesantren, saat saya mengaji di Pondok Pesantren Assalafiyah Nurul Hikmah, ada santri yang semula bernama Dadan. Kemudian oleh sang kiai diubah menjadi Ma’mun Nawawi. Nama tersebut merupakan tafaul kepada pengasuh pesantren Baqiyatus Solihat, Cibarusah, santri Hadratussyekh KH Hasyim Asy'ari yang dikenal dengan ahli ilmu falak.


Penulis adalah warga NU Kelahiran Sukabumi


Kamis 6 Desember 2018 0:0 WIB
Di Yaman Habib Umar Sampaikan Solusi Kemajuan Umat
Di Yaman Habib Umar Sampaikan Solusi Kemajuan Umat
Maulid Nabi di Tarim, Yaman
Oleh Gamal Abdul Nasir 

Tidak terasa, kita sudah berada di penghujung bulan Rabiul Awal. Bulan yang patut umat muslim untuk bergembira di dalamnya, karena pada bulan Rabiul Awal dilahirkannya Sang Pembawa Risalah; Nabi Muhammad Saw.

Di Tarim sendiri, tempat saya menuntut ilmu, sepuluh akhir bulan Rabiul Awal merupakan momen puncak peringatan maulid Nabi Muhammad Saw.

Tanah leluhur para Walisanga ini akan terlihat sangat ramai di sepuluh akhir bulan Rabiul awal. Masyarakat setempat, penuntut ilmu serta para peziarah sangat antusias untuk menghadiri berbagai acara yang isinya mengekspresikan kegembiraan dengan peringatan maulid Mabi Muhammad Saw; seperti pembacaan Maulid, pawai Maulid, dan lainnya.

Tempat-tempat yang biasanya mengadakan peringatan Maulid di sepuluh akhir bulan Rabiul Awal ini pun adalah tempat-tempat yang penuh dengan nilai historis dan sakral, seperti; Zanbal, Ribath Tarim, Darul Musthofa, Masjid Al Fath Imam Al Haddad.

Senin, 25 Rabiul Awal 1440 Hijirah atau 3 Desember 2018 pesanttren asuhan Habib Umar bin Hafiz mengadakan acara peringatan Maulid Nabi tepat setelah shalat Dzuhur. Meskipun waktu peringatan Maulid berbarengan dengan waktu istirahat siang, masyarakat sangat antusias untuk datang, terbukti dengan melimpah ruahnya para jamaah sampai ke bagian luar Pesantren Darul Musthofa. Tua, muda, anak-anak, mereka semua hadir karena rasa kecintaan dan kegembiraan mereka akan kelahiran Nabi Muhammad Saw

Turut berhadir juga pada acara tersebut pimpinan mufti Tarim; Habib Ali Masyhur (kakak kandung dari Habib Umar), Habib Umar bin Hafiz, para munshib (pimpinan), kabilah-kabilah, serta para habaib lainnya dan para syeikh.

Peringatan Maulid diisi dengan pembacaan syi'ir pujian kepada Nabi Muhammad Saw dengan shalawat khas ala Tarim, serta sambutan dan ceramah agama dari Habib Ali Masyhur dan Habib Umar bin Hafiz.

Pimpinan Pondok Darul Musthafa itu menyeru kepada para Muslim untuk memperkuat ikatan tali mutaba'ah kepada Nabi Muhammad Saw; melakukan segala perkara sesuai dengan petunjuk Rasulullah Saw; serta membuang ego diri dan hawa nafsu yang ada di dalam diri kita.

"Kalau itu semua dilakukan maka kita; umat Islam akan bersatupadu. Umat akan maju, masyarakat kita akan rukun damai tanpa perpecahan karena kita memiliki anutan yang satu yaitu Nabi Muhammad Saw; serta akan menjadi senjata kesuksesan kita di dunia dan di akhirat," paparnya.

Penguatan ikatan mutaba'ah kepada Nabi Muhammad Saw menjadi senjata kita, menjadi sebab kemenangan kita di dunia dan di akhirat. "Sebagaimana kesuksesan yang diraih para sahabat Nabi Saw dengan kuatnya mutaba'ah mereka kepada Nabi Muhammad Saw," ungkapnya.

Ia juga menyampaikan sebab keterbelakangan umat adalah banyaknya fitnah. Bencana yang tersebar disebabkan karena kurang kuatnya ikatan mutaba'ah kita kepada Nabi Muhammad Saw. "Kita terlalu mementingkan ego pribadi, cinta dunia  dan lebih memilih mengikuti panutan yang lain selain Nabi Muhammad Saw," lanjutnya.

Acara yang dimulai sejak selesai shalat Dzuhur ini diakhiri dengan makan bersama dan shalat Ashar berjamaah.

Penulis adalah Mahasiswa (aktif) Fakultas Syariah wal Qonun, Universitas Al Ahgaff, Yaman; anggota Departemen Informasi dan Komunikasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hadhrmaut.
Selasa 4 Desember 2018 13:15 WIB
Lafal Tauhid dan Tradisi Meniru pada Seni Kaligrafi
Lafal Tauhid dan Tradisi Meniru pada Seni Kaligrafi
Oleh Didin Sirojuddin AR
التقليد فى الخط وسيلة من وسائل التجويد

Artinya, "Meniru kaligrafi termasuk salah satu sarana untuk mempercantik tulisan."

Belakangan ini lafal tauhid menjadi perbincangan publik. Saya jadi teringat pada tradisi taqlidul khat (تقليدالخط) yang populer di kalangan kaligrafer.

Taqlid yang berarti meniru/menjiplak/mengimitasi/mereplika digunakan sebagai sarana belajar-mengajar kaligrafi dengan mencontoh karya guru oleh murid-muridnya secara bergiliran atau semata meniru untuk menyamai karya aslinya.

Banyak kata pilihan yang sering ditiru, salah satu yang populer dan banyak diidolakan adalah kalimat tauhid:

لاإلـــه إلااللـه محمـــدرســـول اللـه

Kalimat tauhid dengan Khat Tsulus yang indah ini mula-mula ditulis oleh Muhammad Syafiq, kaligrafer kelahiran Istanbul 1235 H/1820 M, wafat 1297 H/1880 M, yang ditiru oleh Abdul Muta'al Muhammad Ibrahim.

Sekian tahun kemudian, Sami Afandi (lahir di Istanbul 1253 H/1838 M) menirunya yang ditiru lagi oleh  Ahmad Arif Al-Falbawi (perbatasan Bulgaria, 1246 H/1830 M-1327 H/1909 M), lalu ditiru lagi oleh Ismail Haqqi (lahir di Istanbul 1289 H/1873 M).

Peniruan berlangsung terus tanpa henti karena kalimat tersebut merupakan "deklarasi prinsip" setiap Muslim. Bahkan,  sebagiannya dijadikan masyaq  untuk latihan murid. Variasinya berkembang bersama kata-kata idola lain seperti lafal basmalah berikut ini:

بســــــــــــم الله الرحمن الرحيــــــم

yang ditulis oleh Mustafa Raqim, lalu ditiru oleh Abdul Aziz Al-Rifa'i, ditiru lagi oleh Abbas Al-Baghdadi sampai seluruh kaligrafer menirunya.

Ada yang menarik tentang masyaq/مشق yaitu lembar "coret-coretan guru" yang ditiru murid-muridnya untuk memperlancar tulisan. Dr Afif Al-Bahnasi mendifinisikan masyaq (jamaknya  amsyaq/أمشاق) sebagai berikut:

سلاسة الخطوط وسرعتها وامتدادها

Artinya, “Kelancaran tulisan, kecepatannya, dan memanjangkan tarikannya).”

Masyaqal khatta (مشق الخط) berarti "menulis khat secara lancar". Guru khat zaman dulu  mempergilirkan selembar masyaq kepada murid-muridnya karena belum ada alat pengganda seperti fotokopi di zaman now.

Kata guru, kira-kira begini: "Miiid, Hamid, tirulah tulisanku sampai sama persis. Kalau selesai, kasihkan sama Mustafa, kemudian kepada Fatimah. Terus tiru lagi oleh yang lainnya ya."

Masyaq coretan tangan guru pun ditiru atau dijiplak habis oleh semua muridnya sampai mantap sempurna atau persis 100 %.

Masyaq  terhubung dengan kata masyaqqah/مشقة yang berarti "kesulitan" karena kaligrafi itu sulit (الخط أمرصعب), "Setiap permulaan juga sulit" (Every beginning is difficult) sebagai pintu gerbang ke "Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan" (فإن مع العسر يسرا).

Yang terpenting, masyaq adalah sarana belajar-mengajar kaligrafi yang mewariskan tradisi taqlidul khat/تقليد الخط (yaitu meniru/menjiplak kaligrafi) yang kini berkembang di kalangan khattat Timteng dengan teknologi komputer yang canggih.

Menurut ahli pendidikan kaligrafi Mesir, Fauzi Salim Afifi, "Meniru karya para khattat besar termasuk tahap pertama namun sekaligus pula tahap terakhir belajar kaligrafi," karena ketika mulai belajar, kita meletakkan lembaran contoh latihan para master kaligrafi di depan mata kita kemudian menirunya dari huruf alif hingga ya yang dilanjutkan kepada huruf-huruf sambung.

Tahap berikutnya, murid meniru penuh karya gurunya lalu pindah kepada karya-karya guru yang lain sehingga tangannya "Menemukan teknik dan karakter guru-guru tersebut bahkan jadi bagian dari karakter mereka."

Di kampus-kampus seni rupa Indonesia, hal sama terjadi ketika dosen menugaskan mahasiswa untuk meniru 10 karya pelukis besar seperti Picasso, Salvador Dali, Monet, Renoir, Rembrandt, Da Vinci, Van Gogh, Mat Rothko, Johan Pollock, Wassili Kandinsky, dan lain-lain dengan tujuan agar tangannya akrab dan senyawa dengan karakter lukisan mereka.

Para khattat besar dan pelukis maestro semuanya telah pernah menempuh cara-cara saling tiru  tersebut. Maka, meniru bukan barang tabu. Bila ingin maju, harus belajar dengan meniru.

Dari file riwayat, dikenal para murid hebat seperti Abdullah Zuhdi, Sayid Al-Rifa'i, Muhammad Arif, Ismail Haqqi, Jalaluddin, Mir Imad Al-Huseini, Hamid Al-Amidi, dan lain-lain meniru para guru seperti Hafizh Usman, Mustafa Raqim, Mustafa Izzat, Muhammad Syafiq, Muhammad Sami, Muhammad Mu'nis, dan lain-lain sehingga para murid tadi menjadi guru yang ditiru kembali oleh murid-murid lain berikutnya seperti Muhammad Ja'far, Muhammad Ridwan, Muhammad Mahfuzh, Sayid Ibrahim, Najib Hawaweni, Muhammad Husni, Muhammad Abdul Kadir, Muhammad Al-Syahat, Muhammad Al-Haddad, Hasyim Muhammad Al-Baghdadi, dan lain-lain.

Akhirnya murid-murid ini pun menjadi guru-guru yang ditiru lagi oleh orang yang berusaha mempercantik tulisan mereka sekarang, esok, dan esoknya lagi. Tradisi ini menjadi semacam tradisi sanad dalam lingkup ilmu hadits.

إذن فالتقلــيد وســـيلة من وســائل التجويد

Dengan demikian, meniru merupakan salah satu sarana meningkatkan “kecantikan”.

*) Penulis adalah pengurus Lembaga Kaligrafi (Lemka) dan pengasuh pesantren kaligrafi di Sukabumi. Maestro kaligrafi ini juga mengajar di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG