IMG-LOGO
Internasional

PM Irak Sebut Video Pemimpin ISIS Direkam di Lokasi Terpencil


Kamis 2 Mei 2019 17:00 WIB
Bagikan:
PM Irak Sebut Video Pemimpin ISIS Direkam di Lokasi Terpencil
Abu Bakar Al-Baghdadi (Reuters)
Baghdad, NU Online
Beberapa hari lalu Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi muncul untuk pertama kalinya –setelah lima tahun- di sebuah video yang dirilis Al-Furqan, sebuah jaringan media milik ISIS. Dalam video berdurasi 18 menit itu, al-Baghdadi menyinggung aksi balas dendam ISIS setelah kekalahan kelompoknya di Baghouz Suriah dan juga soal teror bom di Sri Lanka.

Tidak diketahui secara jelas kapan video itu direkam dan dimana lokasinya. Namun ISIS menyebut kalau video itu dibuat pada April lalu.  

Terkait hal itu, Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi mengatakan, video terbaru al-Baghdadi tersebut direkam di sebuah lokasi terpencil. PM Mahdi tidak menyebut dimana tepatnya lokasi tersebut. “Saat ini saya sama sekali tidak bisa memberi perkembangan intelijen terbaru. Namun dari videonya, jelas al-Baghdadi merekamnya di lokasi terpencil,” kata PM Mahdi, dikutip The Independent, Selasa (1/5).

PM Mahdi menilai, munculnya al-Baghdadi di video terbaru tersebut menunjukkan bahwa ISIS masih berbahaya. Dia khawatir, kemunculan al-Baghdadi bisa membangkitkan semangat para militan ISIS untuk melancarkan aksi balas dendam dimanapun mereka berada. Mengingat simpatisan dan militan ISIS tidak hanya di Irak dan Suriah saja, tapi juga di banyak negara di dunia.

Sejumlah badan intelijen negara Barat menduga, saat ini al-Baghdadi tengah bersembunyi di sebuah gurun di Irak atau Suriah.

Pada Senin (29/4) kemarin, Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) merilis sebuah video baru yang menampilkan Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin mereka. Video itu diberi judul ‘Di Tengah Keramahan Emir Orang Percaya.’ Ini merupakan penampilan pertama Abu Bakar al-Baghdadi setelah dia mengumumkan kekhalifahan ISIS di Masjid Agung al-Nuri Kota Mosul, Irak. Lima tahun yang lalu. (Red: Muchlishon)
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG