IMG-LOGO
Daerah

Peduli Kabut Asap, NU Care Sidoarjo Kirim Ribuan Masker


Rabu 2 Oktober 2019 07:30 WIB
Bagikan:
Peduli Kabut Asap, NU Care Sidoarjo Kirim Ribuan Masker
Penyerahan bantuan ribuan masker dari NU Care-LAZISNU Sidoarjo kepada PWNU Jatim. (Foto: NU Online/Yuli)
Surabaya, NU Online
Sejumlah media memberitakan bahwa telah terjadi bencana kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) di wilayah Sumatera, Riau, dan Kalimantan. Dampaknya banyak warga yang terkena infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) bahkan hingga korban mencapai 275.793 orang.
 
Sebagai wujud kepedulian kepada korban kabut asap, NU Care-LAZISNU (Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melakukan penggalangan donasi. 
 
“Hal tersebut juga  sekaligus mendukung program sejuta masker untuk korban kabut asap yang dicanangkan oleh NU Care-LAZISNU PBNU,” kata Muhammad Ihsan, Selasa (1/10).
 
Menurut Ketua PC NU Care-LAZISNU Sidoarjo tersebut, dari penggalangan donasi berhasil mengumpulkan total  sekitar 26.000 masker.
 
“21.000 masker langsung dikirim ke lokasi bencana, dan yang 6000 masker melalui Nu Care-LAZISNU Jawa Timur,” jelasnya. 
 
Ketua NU Care-LAZISNU Sidoarjo menyampaikan terima kasih kepada para donatur. Baginya, apa yang bisa dilakukan saat ini kiranya memberikan manfaat yang lebih kepada warga di sana. 
 
Pada kesempatan tersebut, dirinya juga berharap agar musibah berupa kabut asap dapat segera tertangani dengan baik. Sehingga warga dapat beraktifitas seperti sedia kala tanpa terganggu oleh asap. 

“Alhamdulillah kami bisa berbagi dengan saudara kita yang terkena musibah kabut asap di Sumatera dan Kalimantan. Ini berkat saudara kita yang menyalurkan bantuannya melalui NU Care-LAZISNU Sidoarjo,” ujar Ihsan.
 
Keberadaan lembaga, lanjutnya, hanya dalam kapasitas mengkoordinir sekaligus menyalurkan donasi yang diterima dari masyarakar. 
 
“Mudah-mudahan apa yang disumbangkan warga Sidoarjo ini, meskipun jumlah dan nilainya kecil, bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang tertimpa bencana,” harapnya.
 
Usai dana dan barang terkumpul, NU Care-LAZISNU Sidoarjo menyerahkannya ke kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, jalan Masjid al-Akbar Timur 9 Surabaya.
 
Bantuan diserahkan NU Care-LAZISNU Sidoarjo kepada Ketua PWNU Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar. Dan barang yang sudah ada kemudian diserahterimakan kepada Ketua NU Care-LAZISNU Jatim, Afif Amrullah untuk dikirimkan kepada yang berhak.
 
KH Marzuki sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan warga NU dan masyarakat di Sidoarjo, khususnya NU Care-LAZISNU setempat. 
 
“Semoga berkah untuk Sidoarjo, berkah bagi Jawa Timur, dan manfaat untuk yang menerima,” tandas Kiai Marzuki.
 
 
Kontributor: Yuli, Mila
Editor: Ibnu Nawawi
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG