IMG-LOGO
Nasional
HARI SANTRI 2019

Hadiri Malam Santriversary, Ribuan Santri Padati Lapangan Banteng


Senin 21 Oktober 2019 20:30 WIB
Bagikan:
Hadiri Malam Santriversary, Ribuan Santri Padati Lapangan Banteng
Ribuan santri memadati Lapangan Banteng Jakarta Pusat, Senin (21/10). (Foto: NU Online/AR Ahdori)
Jakarta, NU Online
Ribuan santri dari berbagai pesantren di Indonesia memadati Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (21/10) malam. Kehadiran para santri tersebut untuk mengikuti rangkaian Malam Puncak Peringatan Hari Santri Nasional (HSN)/Santriversary 2019.
 
Pantauan NU Online, santriawan dan santriawati mulai memadati Lapangan Banteng sejak pukul 17.30 WIB. Mereka datang dari sejumlah daerah terutama pesantren yang ada di Jabodetabek. Panitia terlihat mempersiapkan seluruh rangkaian HSN dengan mengecek dan mensimulasikan pembukaan Malam Puncak HSN.
 
“Saya dan teman-teman lain sudah datang ke sini sejak pukul 17.30 WIB. Kami diundang untuk memperingati Hari Santri. Kami bangga atas hadirnya Hari Santri,” kata salah seorang santriawati Ashshidiqiyah, Jakarta Barat, Farhani.
 
Ia mengungkapkan kekaguman berbagai kalangan menyambut hari santri. Farhani merasa terharu karena tak ada lagi dikotomi kepada jutaan santri di Indonesia.
 
Untuk diketahui, kegiatan HSN 2019 diselenggarakan Kementerian Agama melalui Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) Kemenag RI. Kegiatan itu bertajuk Syiar dan Syair Perdamaian dan dibuka untuk umum.

Baca juga: Santriversary, Malam Puncak Peringatan Hari Santri Malam Ini
 
Di antara tujuan utama Malam Puncak HSN oleh Kemenag tersebut untuk menggalakkan kembali syiar-syiar agama yang santun dan damai.  Itu dilatarbelakangi adanya penyimpangan dakwah yang cenderung menyebarkan provokasi dan ujaran kebencian.
 
Syair perdamaian yang dilantunkan berupa shalawat dan lagu-lagu islami. Diharapkan dapat menumbuhkan dan serta menguatkan sikap dan tindakan yang cinta damai dan terhindar juga dari perbuatan yang bertentantangan dengan nilai-nilai persatuan dan persaudaraan.
 
Pada Santriversary kali ini, Menteri Agama periode 2014-2019, H Lukman Hakim Saifuddin, dijadwalkan menyampaikan renungan Kesantrian. Selain itu ada Menlu RI periode 2014-2019, Retno Marsudi juga turut menyampaikan renungan perdamaian. 
 
Selanjutnya, taushiah disampaikan oleh Habib Jindan Bin Salim Novel Jindan dan KH Ahmad Muwaffiq (Gus Muwaffiq). Di akhir rangkaian acara Grup Syubbanul Muslimin menghibur ribuan santri yang hadir.
 
Lalu ditutup dengan sesi pengumuman juara serta penyerahan hadiah bagi para pemenang Santri Millennial Competitions 2019 yang total hadiahnya mencapai 187,5 juta. Video-video terbaik pada lomba ini ditayangkan secara singkat di hadapan para hadirin Santriversary. 

Pewarta: Abdul Rahman Ahdori
Editor: Musthofa Asrori
Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG