IMG-LOGO
Trending Now:
Internasional

Saat Media Jepang Ramai-ramai Meliput Kegiatan Nahdliyin


Ahad 17 November 2019 15:30 WIB
Bagikan:
Saat Media Jepang Ramai-ramai Meliput Kegiatan Nahdliyin
Dua media Jepang, Jakarta Shimbun dan TBS, tertarik meliput kegiatan Nahdliyin di Masjid Nusantara dan Masjid Al-Ikhlas Kabukicho pada pekan ini. (dok. Helmi)
Tokyo, NU Online
Sejak pertama kali didirikan, Masjid Al-Ikhlas Kabukicho dan Masjid Nusantara yang terletak di pusat Kota Tokyo tak pernah lepas dari pemberitaan beberapa media Jepang. Pekan ini setidaknya dua media Jepang tertarik meliput kegiatan Nahdliyin yang dilakukan di kedua masjid tersebut.

Salah satu media yang memberitakan aktivitas Nahdliyin tersebut adalah Jakarta Shimbun. “Indonesia Kecil di Akihabara: Anime, Kuil dan Masjid ‘foreigner/warga negara asing’ melebur menjadi satu”, tulis Jakarta Shimbun, Jumat, 15 November 2019.

Jakarta Shimbun juga mengutip pernyataan pengurus Masjid Nusantara yang sekaligus merangkap sebagai Ketua Lazisnu Jepang, Muhammad Anwar. “Banyak berita buruk tentang agama Islam seperti tentang ISIS (organisasi radikal). Kami ingin memberikan pemahaman yang benar mengenai agama Islam. Kami juga menyampaikan agama Islam dengan bahasa Jepang untuk mudah dipahami.” Demikian pernyataan Anwar yang dikutip Jakarta Shimbun. 

Selain Jakarta Shimbun yang meliput Masjid Nusantara di Akihabara, ada juga stasiun televisi Jepang, TBS, yang meliput aktivitas para Nahdliyin yang berada di Masjid Al-Ikhlas Kabukicho. Untuk diketahui, Kabukicho merupakan pusat hiburan malam yang sangat terkenal di Jepang. Sehingga adanya masjid di daerah tersebut membuat banyak orang penasaran aktivitas apa saja yang dilakukan dalam masjid ini.

“Di tengah Distrik Shinjuku/Kabukicho, ada tempat berkumpulnya orang Islam,” tutur pembawa acara TBS TV, Rabu, 14 November 2019. 

“Dengan bantuan donatur dan para sukarelawan, tempat yang awalnya bar direnovasi menjadi masjid seperti yang ada sekarang ini,” kutip TBS TV saat mewawancarai salah seorang pengurus Masjid Al-Ikhlas Kabukicho, Fathan Abdullah.

Selain kedua media tersebut, sebelumnya beberapa media Jepang juga sempat meliput kegiatan-kegiatan yang dilakukan di kedua masjid tersebut. Bahkan lembaga penyiaran terbesar di Jepang, NHK, pernah beberapa kali meliput kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh PCINU Jepang, di antaranya saat PCINU Jepang mengadakan kegiatan Semarak Ramadhan tahun lalu. 

Kontributor: Helmi
Editor: Muchlishon
 
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Maulid Akbar dan Doa untuk Keselamatan Bangsa
Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
IMG
IMG