Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Rakercab Ansor Pohuwanto Gorontalo Ajak Kader Bangun Kemandirian di Era Millenial

Rakercab Ansor Pohuwanto Gorontalo Ajak Kader Bangun Kemandirian di Era Millenial
Rakercab Ansor Pohuwanto, Sabtu (30/11) dirangkai dengan Seminar Pengembangan Kapasitas Kader mengusung tema Mengoptimalkan Peran Ansor di Era Milenial (Foto: NU Online)
Rakercab Ansor Pohuwanto, Sabtu (30/11) dirangkai dengan Seminar Pengembangan Kapasitas Kader mengusung tema Mengoptimalkan Peran Ansor di Era Milenial (Foto: NU Online)
Pohuwanto, NU Online
 
Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pohuwanto melakukan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) pertama pada Sabtu (30/11). Rakercab ini dirangkaikan dengan Seminar Pengembangan Kapasitas Kader mengusung tema Mengoptimalkan Peran Ansor di Era Milenial.
 
Ketua Panita Rakercab Zufrin Harun mengatakan​​​​​​​ Rakercab bertempat di Hotel Marina Beac Resort, Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo diiktui 30 orang terdiri dari kader Ansor Banser perwakilan PAC se-Kabupaten Pohuwato.  Selain itu turut juga Ketua Pengurus Cabang NU, Ketua Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Pimpinan Cabang BRI Kabupaten Pohuwato.
 
Kegiatan Rakercab perdana ini dilakukan setelah sebelumnya dilaksanakan Pelatihan Kepemimpinanr Dasar (PKD) Angkatan 2 yang dirangkaikan Konfercab GP Ansor Kabupaten Pohuwato di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Randangan pada tanggal 15 hingga 17 November 2019. Sebagai tindak lanjut Konfercab tersebut dilaksankan Rakercab PC GP Ansor Kabupaten Pohuwato.
 
Rakercab dibagi menjadi dua sesi kegiatan. Kegiatan pertama peningkatan kapasitas kader dan sesi kedua menyusun rencaka kerja GP Ansor Kabupaten Pohuwato.
 
Pada sesi pertama membahas peluang dan tantangan GP Ansor terhadap peran pemuda dalam usaha pertanian di era millenial. Revolusi indsuti 4.0 memperlihatkan transaksi perdagangan melalui intenet  terus meningkat, termasuk transaksi hasil usaha di badang pertanian.
 
Pada kesempatan itu juga dibahas bagaimana kader Ansor dapat memanfaatkan internet sebagai alat untuk memasarkan hasil-hasil pertanian yang tentu akan memperpendek rantai pasar dan meningkatkan harga jual produksi pertanian. Materi ini dibawakan langsung Ketua PC GP Ansor Pohuwato, Abdullah Kadir Diko.
 
Adapun materi kedua diisi oleh Pimpinan Cabang BRI Pohuwato Abdul Aziz dengan materi dasar-dasar kewirausahaan, bagaimana mengakses permodalan, dan bagimana memaksimalkan internet banking untuk mendukung usaha.
 
Pada sesi kedua menyusun rencana kerja GP Ansor Kabupaten Pohuwato. Pada rencana kerja selain penguatan sistem kaderisasi dan revilitasi nilai tradisi masyarkat lokal, PC GP Ansor Pohuwato menitiberatkan pada pemberdayaan potensi kader. Abdullah Diko mengemukakan, dalam satu atau dua tahun ke depan kegiatan PC GP Ansor akan fokus pada peningkatan kapasitas kader baik dalam bidang internalisasi nilai-nilai Aswaja, juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship kader.  
 
"Hal ini menjadi penting ager kader-kader muda NU dapat berperan serta terhadap pembangunan daerah dalam berbagai bidang, selain kegiatan keagamaan, sosial dan kebudayaan, politik dan pemerintahan. Juga harus berperan serta di dunia usaha, minimal kader sebagai penggerak ekonomi masyakat di desa," katanya.
 
Pihaknya berharap dengan kegiatan ini akan selaras denga apa yang menjadi tujuan utama Pengurus Pusat GP Ansor yaitu menuju kemandirian organisasi, serta kader Ansor berperan secara aktif dan kritis dalam pembangunan nasional hingga ke daerah.
 
 
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile