Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Ansor Kalimantan Barat Ajak Kawal Pilkada Serentak

Ansor Kalimantan Barat Ajak Kawal Pilkada Serentak
Ketua PW GP Ansor Kalimantan Barat, Rajuini (kanan) berharap seluruh tahapan pemilihan kepala daerah berjalan lancar. (Foto: NU Online/Abi Yafiq)
Ketua PW GP Ansor Kalimantan Barat, Rajuini (kanan) berharap seluruh tahapan pemilihan kepala daerah berjalan lancar. (Foto: NU Online/Abi Yafiq)
Pontianak, NU Online
Pada tahun 2020, Kalimantan Barat akan menghadapi pemilihan kepala daerah serentak di beberapa kabupaten. Menghadapi pesta demokrasi tersebut, sudah selayaknya berbagai kalangan bersinergi dalam upaya menyukseskan sehingga terpilih pemimpin yang diharapkan.
 
Di Kalimantan Barat (Kalbar), yakni Kabupaten Ketapang, Bengkayang, Sekadau, Melawi, Sambas, Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang secara renetak akan mnggelar pemilihan kepala daerah.
 
Rajuini selaku Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP)  Ansor Kalbar berharap semua proses tahapannya yang sedang berlangsung terlaksana dengan baik dan berintegritas.
 
“Sehingga hasilnya nanti bisa dirasakan manfaatnya oleh semua lapisan masyarakat di daerahnya masing-masing khususnya untuk perbaikan kesejahteraan dan pembangunannya,” katanya, Jumat (3/1).
 
Dirinya menyampaikan harapan khusus untuk para penyelenggara dari mulai unsur Komisi Pemilihan Umum atau KPU dan Bawaslu yakni Badan Pengawas Pemilihan Umum.
 
“Mereka diharapkan bisa selalu menjaga integritas khususnya dalam menentukan penyelenggara di tingkat kecamatan dan di tingkat paling bawah yakni Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS hingga pengawas di setiap tempak pemungutan suara atau TPS,” jelasnya.
 
Rajuini mengemukakan bahwa bila seluruh komponen menjalankan tugas secara baik dan benar,  dalam prosesnya nanti semua peserta dan pemilih bisa menerima hasil pemilihan kepala daerah dengan lapang dada siapapun yang akan menjadi peserta dan pemenangnya.
 
“Tidak kalah pentingnya kami mengajak semua elemen masyarakat khususnya di beberapa kabupaten se-Kalimantan Barat yang akan melaksanakan pilkada serentak untuk bersama-sama memantau dan mengawasi pelaksanaannya,” katanya.
 
Bila memang terdapat hal yang tidak diharapkan, hendaknya jangan ragu untuk melaporkan dengan pihak yang sudah ditunjuk oleh undang-undangan dan peraturan yang berlaku.
 
“Dalam hal ini hendaknya semua temuan disampaikan ke Bawaslu karena memang berwenang menangi setiap indikasi adanya dugaan pelanggaran di setiap proses tahapan pilkada yang berlangsung,” urainya.
 
Di ujung paparannya, Rajuini sangat berharap pemilihan kepala daerrah berjalan sesuai aturan dan menghasilan pemimpin yang amanah.
 
“Kami dari Gerakan Pemuda Ansor Kalimantan Barat berharap semua proses tahapan pilkada serentak dapat berlangsung aman, damai dan berintegritas,” pungkasnya.
 
 
Kontributor: Abi Yafiq
Editor: Ibnu Nawawi
 
BNI Mobile