IMG-LOGO
Nasional

Gus Sholah akan Dimakamkan Satu Lokasi dengan Ayah dan Kakeknya


Senin 3 Februari 2020 06:30 WIB
Bagikan:
Gus Sholah akan Dimakamkan Satu Lokasi dengan Ayah dan Kakeknya
Tampak dibersihkan kompleks pemakaman keluarga besar Pesantren Tebuireng, Jombang. Di sebelah barat makam Gus Dur jenazah Gus Sholah rencana akan dimakamkan. (Foto:NU Online/Syarif Abdurrahman)
Jombang, NU Online
Jenazah almarhum KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) direncakan akan dimakamkan di pemakaman keluarga besar Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
 
Hal ini berarti Gus Sholah akan berada di lokasi yang sama dengan mantan Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), mantan Menteri Agama RI yang juga ayahnya bernama KH A Wahid Hasyim dan pendiri organisasi Islam terbesar Nahdlatul Ulama (NU) KH M Hasyim Asy’ari.
 
Pantauan di area makam keluarga Tebuireng kemungkinan Gus Sholah akan dimakamkan tepat di sebelah baratnya makamnya Gus Dur. Dari posisi KH M Hasyim Asy’ari dan KH A Wahid Hasyim makam Gus Sholah akan berada di sebelah utaranya. Hal ini terlihat dari beberapa santri yang membersihkan area tersebut.
 
“Kemungkinan dimakamkan di samping kakaknya yaitu Gus Dur. Pastinya menunggu keluarga,” kata salah satu santri Tebuireng yang ditemui di lokasi makam, Abdurrahman, Senin (3/2).
 
Lebih lanjut ia menjelaskan Run Down pemakaman KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) dimulai sejak pukul 07.30 WIB rombongan peserta penumpang pesawat berkumpul di ruang VIP Bandara Halim Perdana Kusuma (HLP)
 
Selanjutnya, sekitar pukul 08.30 WIB almarhum Gus Sholah dan keluarga inti berangkat dari rumah duka menuju ke HLP. Dengan prediksi pukul 09.30 WIB almarhum tiba di Bandara Halim PK.
 
“Jadwal yang satu tahu pukul 10.00 WIB lepas landas dengan pesawat Batik Air (special flight),” tambahnya.
 
Setelah terbang satu jam lebih, diperkirakan pukul 11.30 WIB rombongan tiba di Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.
 
Selanjutnya pukul 12.00 jenazah bertolak menuju Pesantren Tebuireng lewat jalur darat. Selambat-lambatnya pukul 14.00 WIB jenazah tiba di Tebuireng dan langsung disemayamkan di masjid Pondok Pesantren Putra Tebuireng. Di sini menunggu beberapa orang atau sahabat untuk ikut hormat terakhir menyolati jenazah.
 
“Pukul 16.00 WIB pemakaman almarhum,” tutupnya.
 
Kontributor: Syarif Abdurrahman
Editor: Syamsul Arifin
Bagikan:

Baca Juga

IMG
IMG