GP Ansor Gelar Lomba Menulis Cerpen, Ini Ketentuannya

GP Ansor Gelar Lomba Menulis Cerpen, Ini Ketentuannya
Poster lomba cerpen GP Ansor 2020.
Poster lomba cerpen GP Ansor 2020.
Jakarta, NU Online
Ansoruna Business School Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor bekerja sama dengan Storial.co dan Dirjen Pendidikan Islam RI menggelar Lomba Menulis Cerpen. Lomba ini dibuka untuk kategori umum dan santri atau pelajar. 
 
Lomba menulis cerpen bertemakan Islam Rahmatan lil Alamin, yakni Islam yang mengedepankan nilai-nilai kasih sayang, toleransi, dan kerukunan terhadap sesama.
 
Ketua Panitia Lomba Cerpen Fauzan Amin menjelaskan, pengangkatan tema tersebut di antaranya untuk mengetahui pemahaman peserta tentang hubungan antara keislaman dan keindonesiaan.
 
"Kita ingin tahu bagaimana sih gagasan orang-orang tentang Islam ini. Jangan-jangan sampai hari ini belum ada titik ketemu tentang sudut pandang antara Islam dan Indinesia," kata Fauzan, Sabtu (21/3).
 
Nantinya, lanjut Fauzan, melalui tulisan yang dikirim peserta lomba, pihaknya dapat memetakan daerah mana yang dianggap sudah selesai terkait pemahaman keisalaman dan keindonesiaan dan daerah mana yang perlu diberikan sosialisasi.
 
Bagi yang berminat mengirimkan cerpen, pendaftaran dan mekanisme pengiriman tulisannya bisa dilihat melalui website www.ansoruna.com dan storial.co. 
 
Peserta yang mengikuti lomba ini dapat mengirimkan karyanya lebih dari satu. Sementara untuk panjang tulisan, panitia menentukan antara 2500 dan 5000 kata. Selain itu, panitia mewajibkan peserta agar mengirimkan karya yang orisinil dan menggunakan bahasa Indonesia.
 
Waktu pengiriman cerpen dimulai pada 21 Maret hingga 21 Juni 2020. Sementara pengumuman pemenang disampaikan panitia pada 1 Juli 2020. Untuk lomba ini, panitia menyiapkan total hadiah sebesar 11 juta rupiah.
Nantinya, cerpen yang dikirim dan sesuai kriteria panitia dipublikasi di website www.ansoruna.com dan storial.co. 
 
Pewarta: Husni Sahal
Editor: Kendi Setiawan
BNI Mobile