Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Peduli Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, NU Aceh Kirim Bantuan

Peduli Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, NU Aceh Kirim Bantuan
Hewan kurban bantuan dari NU kepada pengungsi Rohingya di Lhokseumawe. (Foto: NU Online/Helmi)
Hewan kurban bantuan dari NU kepada pengungsi Rohingya di Lhokseumawe. (Foto: NU Online/Helmi)

Lhokseumawe, NU Online
Nasib tidak kunjung jelas dan terlunta-lunta dialami pengungsi Rohingya. Mereka lari dari negaranya lantaran menerima perlakukan yang tidak layak. Beberapa terdampar di sejumlah negara dengan perlakukan berbeda. 

 

Untuk di kawasan Aceh, para pengungsi ini menerima bantuan  dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU). Juga ada perhatian dari Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU).

 

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan bahwa para pengungsi tersebut saat ini masih ditampung di Komplek Balai Latihan Kerja (BLK) kawasan Blang Me Kandang, Lhokseumawe.

 

Sementara itu bantuan diserahkan oleh Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh, Tgk Iskandar Zulkarnaen, Ahad (2/8). Tampak mendampingi, Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Lhokseumawe Tgk H Misran Fuadi, Ketua PCNU Lhokseumawe Tgk M Rizwan H Ali, Sekretaris PCNU Lhokseumawe Tgk Ahmad Subhan dan Bendahara PW LPBINU Aceh, Indra Kariadi.

 

Sejumlah orang ini diterima Ketua Satgas Penanganan Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, Ridwan Jalil.


Bantuan yang diserahkan pihak PW LPBINU Aceh berupa mukena, kain sarung, bantal, selimut, masker, serta perlengkapan harian lain. 

 

Dan terkait momentum hari raya Idul Adha 1441 H, melalui NU Care-LAZISNU juga menyerahkan kurban sebanyak 5 ekor kambing, yang langsung disembelih di tempat pengungsian. Dagingnya dapat dirasakan langsung para pengungsi yang memang jarang makan daging tersebut.

 

Tidak semata bantuan berupa kebutuhan fisik, Nahdlatul Ulama juga akan mengisi pengajian untuk para pengungsi. Setidaknya selama dua bulan, hal tersebut akan dilakukan yang dimulai pada Agustus ini.

 

Tgk Iskandar Zulkarnaen yang juga mewakili PWNU Aceh menyebutkan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian jamiyah ini para pengungsi. Yang dikedepankan adalah kepedulian sosial sesama manusia, walaupun para pengungsi adalah dari warga negara berbeda.

 

“Semoga bantuan yang kita berikan bermanfaat dalam upaya membantu para pengungsi Rohingya di Kota Lhokseumawe,” harapnya.

 

Dirinya menyebutkan, pengungsi Rohingya yang ada di Lhokseumawe membutuhkan perhatian karena selama ini pemerintah Myanmar menutup bantuan dari internasional untuk mereka. Jumlah etnis Rohingya yang ada di Lhokseumawe sebanyak 99 orang.

 

“Insyaallah dalam waktu dekat PWNU Aceh juga akan menyerahkan bantuan berupa sembako dan keperluan lain,” ungkapnya.

 

Kontributor: Helmi Abu Bakar
Editor: Ibnu Nawawi

BNI Mobile