Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Bertekad Majukan Usaha Nahdliyin, LPNU Pringsewu Susun berbagai Strategi

Bertekad Majukan Usaha Nahdliyin, LPNU Pringsewu Susun berbagai Strategi
Sekretaris LPNU Kabupatrn Pringsewu, Lukman Hakim (Foto: Istimewa)
Sekretaris LPNU Kabupatrn Pringsewu, Lukman Hakim (Foto: Istimewa)

Pringsewu, NU Online
Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Kabupaten Pringsewu, Lampung masa khidmah 2020-2025 melakukan pendataan para pelaku usaha dan wirausahawan NU di Kabupaten Pringsewu. Menurut Sekretaris LPNU Kabupaten Pringsewu Lukman Hakim, langkah tersebut dilakukan untuk membantu kemajuan usaha warga NU melalui koordinasi dan komunikasi yang baik.


“Dengan adanya data yang jelas by name, by address (nama dan alamat), LPNU akan bisa membantu para wirausahawan di antaranya terkait dengan legalitas produk, izin usaha, sertifikasi halal, dan peluang-peluang pengembangan usaha lainnya,” kata Lukman di Kantor NU Pringsewu, Ahad (16/8).


Lukman menambahkan, pendataan ini akan dilakukan dengan melakukan roadshow ke seluruh Kecamatan di Bumi Jejama Secancanan Bersenyum Manis tersebut. Roadshow ini juga akan menjadi ajang observasi dan survei kondisi usaha warga NU.


Untuk membantu usaha warga NU ini, LPNU Pringsewu juga telah berkoordinasi dengan instansi pemerintah terkait untuk menjalin kerjasama. Di antara yang sedang dilakukan adalah mengkaji peluang kemitraan dengan salah satu BUMN di bidang pengadaan bahan bakar.


“Dengan adanya data usaha warga NU yang lengkap, ditambah perizinan yang lengkap, maka berbagai peluang ekonomi bisa ditangkap dan didistribusikan kepada warga NU,” ujarnya.


Selain itu, LPNU Pringsewu juga akan membantu usaha warga NU terkait promosi produk-produk usaha. Hal ini dilakukan melalui kerjasama dengan Lembaga Ta’lif wan Nasyr NU (LTNNU) dalam bentuk pemasangan iklan di berbagai media.


“Saat ini penting peran media dalam mempromosikan produk. Apalagi saat ini era online di mana banyak konsumen yang sudah mulai beralih ke jual beli virtual. Mereka mencari dan membeli produk via online,” ungkapnya.


Pengembangan usaha melalui virtual ini juga akan digarap oleh LPNU dengan mendirikan usaha jual beli sejenis toko online. Dalam toko tersebut nantinya berbagai produk warga NU akan dipromosikan dan diperjualbelikan.


Selain program tersebut, LPNU juga akan melakukan berbagai jenis program di antaranya pelatihan usaha warga NU, dan menjajaki toko retail modern bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.


Untuk keberkahan usaha, LPNU juga terus mengingatkan kepada para usahawan NU untuk senantiasa menyisihkan hasil usaha untuk kepentingan umat dengan bersedekah dan berzakat melalui Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU).


Pewarta: Muhammad Faizin
Editor: Syamsul Arifin 

BNI Mobile