Home Nasional Keislaman English Version Baru Fragmen Internasional Risalah Redaksi Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Banser di Jombang Jual Sayur Keliling sembari Galang Dana untuk Korban Banjir

Banser di Jombang Jual Sayur Keliling sembari Galang Dana untuk Korban Banjir
Kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Andik Purnomo, penjual sayur keliling. (Foto: Istimewa)
Kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Andik Purnomo, penjual sayur keliling. (Foto: Istimewa)
Jombang, NU Online
Aksi kemanusiaan ditunjukkan oleh kader Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Andik Purnomo namanya, seorang penjual sayur keliling yang mempunyai jiwa sosial tinggi untuk turut serta meringankan beban korban banjir di Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang. 
 
Menurutnya, aksi ini sudah sejak Selasa (8/2) lalu dilakukan. Dengan sepeda motornya ia berinteraksi dengan pelanggan sayurnya kemudian menawarkan kepada mereka untuk berdonasi.
 
Melihat musibah yang menimpa masyarakat Jombang, ia mengaku tergugah untuk melakukan penggalangan dana sesuai kemampuannya. Hal ini pun mendapat izin dari Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Sumobito, Amir Syarifuddin.
 
"Dulu ikut terjun ke lokasi banjir dan melihat lokasi sungguh memprihatinkan. Kemudian saya inisiatif untuk menggalang donasi. Mengingat pekerjaan saya juga tidak bisa ditinggalkan ya, sudah sekalian saja sambil jualan," ujar Cak Andik, Sabtu (13/2).
 
Jiwa sosial kader Banser diakuinya sudah dibentuk sejak awal masuk di organisasi benteng kiai ini. Para kader Banser dididik untuk selalu hadir membantu saudara-saudaranya yang membutuhkan.
 
Apapun kesibukan dan profesi kader Ansor dan Banser menurutnya tidak boleh sampai mengurangi kadar jiwa sosial yang sudah dibentuk.
 
"Ya, bisanya membantu dengan cara ini. Saya sendiri perhari hanya mendapat 50 ribu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari," ungkapnya.
 
Dari penggalangan dana yang diperoleh setiap harinya nantinya akan disalurkan langsung ke korban banjir yang melanda Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang.
 
"Hari pertama mendapatkan sekitar 350 ribu, kemarin 750 ribu. Kebetulan saya anggota Banser nanti akan disalurkan lewat Ansor Jombang," bebernya.
 
Ia berharap bencana yang melanda kawasan di Jombang segera surut dan aktivitas warga kembali normal seperti biasanya.
 
Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah Ketua PAC GP Ansor Sumobito, Amir Syarifudin sangat mengapresiasi ide kreatif ini. Ia berharap warga Jombang yang lain bisa meniru dan terinspirasi dari aksi kader Banser tersebut.
 
"Semoga Sahabat Andik dan sahabat Ansor-Banser lainnya yang telah mencurahkan tenaga pikiran untuk membantu korban banjir di Bandarkedungmulyo diberi kesehatan dan rezeki yang lancar," harap Amir.
 
Kontributor: Rohmadi
Editor: Syamsul Arifin
Posisi Bawah | Youtube NU Online