IMG-LOGO
Daerah
HARLAH KE-89 NU

28 Ribu Orang Ikuti Jalan Sehat NU Klaten

Selasa 3 Februari 2015 6:1 WIB
Bagikan:
28 Ribu Orang Ikuti Jalan Sehat NU Klaten

Klaten, NU Online
"Aku Bangga Menjadi Warga NU!" Tulisan tersebut terpampang di kaos yang dikenakan peserta kegiatan Jalan Sehat yang diselenggarakan PCNU Klaten di Stadion Trikoyo Klaten, Ahad (1/2).
<>
Menurut seksi acara panitia Jalan Sehat, Ahmad Saifuddin, kegiatan yang diikuti sekitar 28.000 peserta ini digelar untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) NU ke-89.

“Dengan jumlah yang menembus angka 28.000 lebih, event jalan sehat ini menjadi event terbesar di Klaten selama ini,” terang ketua IPNU Klaten itu.

Ketua PCNU Klaten Mujiburrohman menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan PCNU Klaten mampu memiliki gambaran dan database jumlah warga NU di masing-masing MWCNU dan Pengurus Ranting NU.

“Data ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam bentuk pembuatan Kartanu,” ungkap dia.

Pantauan NU Online, jumlah peserta yang membludak membuat panitia kegiatan melakukan start beberapa kali untuk tiap rombongan. Beberapa tokoh yang hadir antara lain Bupati Klaten, Puteri Gus Dur Alissa Wahid dan para pengurus NU Klaten ikut memberangkatkan para peserta.

Kegiatan jalan sehat ini juga diramaikan dengan bazar dari LAZISNU, LPPNU, dan LKNU yang hasilnya akan digunakan untuk membuat agenda yang bermanfaat bagi umat.

Di akhir acara, panitia membagikan sejumlah doorprize, seperti smartphone, mesin cuci, dana pendidikan, seepda gunung, kulkas, TV, serta grandprize 3 paket umroh dan 3 sepeda motor. (Ajie Najmuddin/Mahbib)

Bagikan:
Selasa 3 Februari 2015 21:1 WIB
Calon Kepala Desa Diharuskan Bisa Baca Al-Qur’an
Calon Kepala Desa Diharuskan Bisa Baca Al-Qur’an

Kuantan Singingi, NU Online
Kementerian Agama Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau merekomendasikan 11 orang bakal calon kepala desa untuk belajar baca Al-Qur’an.
<>
"Sebanyak 108 orang calon pemimpin desa yang mengikuti uji, 10 persen peserta kesulitan membaca Al-Qur’an, karena itu mereka diminta kembali belajar dan masih diberi kesempatan untuk mengikuti uji kompetensi berikutnya," kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Indragiri Hulu Abdul Kadir didampingi anggota Tim uji kopetensi baca Al-Qur’an Marjoni MA di Rengat, Senin. 

Menurut Abdul Kadir, mereka yang diberi rekomendasi itu sama sekali tidak bisa membaca kitab suci agama Islam, namun demikian, mereka sudah mengenal huruf hijaiyah tetapi tidak pandai merangkai huruf untuk dibaca.

Ia mengatakan, momen Pilkades serentak kali ini merupakan saat yang tepat untuk menerapkan Perda Kabupaten Inhu nomor 9 tahun 2014 tentang pandai baca Al-Qur’an. "Ini tidak bisa ditawar-tawar, apabila tidak bisa membaca Al-Qur’an tetap tidak diberikan surat keterangan," tegasnya.

Marjoni menambahkan, dengan sisa waktu yang ada, hingga 10 Februari 2015, mereka diberi kesempatan untuk belajar agar memenuhi persyaratan yang diminta tersebut.

"Mereka yang tidak bisa itu berasal dari Kecamatan Sungai Lala, Kecamatan Batang Peranap, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kecamatan Batang Cenaku, Kecamatan Batang Gangsal," tambahnya menjelaskan. (antara/mukafi niam)

Selasa 3 Februari 2015 19:6 WIB
Bulukumba Gelar Festival Perjuangan Penyebaran Islam Datu Tiro
Bulukumba Gelar Festival Perjuangan Penyebaran Islam Datu Tiro

Bulukumba, NU Online
Pemerintah Kabupaten Bulukumba bekerja sama dengan Komunitas Rumah Cinta dan Universitas Islam Makassar mengadakan Festival Datu Tiro. Kegiatan bertajuk “Vitalisasi Budaya dan Spirit Islamisasi Datu Tiro” tersebut dipusatkan di Pantai Samboang Bulukumba, Sulawesi Selatan.
<>
Festival Budaya pada 1 Februari 2015 ini bertujuan mengingatkan upaya Datu Tiro dalam menyebarkan Islam Ahlusunnah Wal Jamaah di tanah Bulukumba atau yang dikenal Bumi Panrita Lopi.

“Datu Tiro menyebarkan Islam tanpa harus menghilangkan identitas budaya yang melekat di masyarakat Bulukumba,” ungkap Andika sebagai Ketua Panitia.

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai wujud menghargai para leluhur, utamanya Datu Tiro sebagai salah satu penyebar Islam Ahlusunnah wal Jamaah di Bulukumba.

Untuk memajukan sebuah wilayah, kata dia, masyarakat mesti memelihara dan mengamalkan nilai-nilai kearifan lokal apa tak lagi terkait dengan nilai-nilai keislaman Nusantara.  

Rektor Universitas Islam Makassar Dr. Majdah M. Zain Agus AN menyampaikan orasi budaya. Menurut dia, penyebaran Islam di Sulawesi Selatan tak terlepas dari peran tiga datu yang dikenal, yaitu Datu Ribandang, Datu Fatimang, dan Datu Tiro.

Nama Datu Tiro, kata yang juga Ketua Lajnah Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan ini, dikenal sebagai peletak batu pertama penyebaran Islam di Bumi Panrita Lopi Bulukumba.

Menurut Majdah, kedatangan Datu Tiro dalam menyebarkan Islam di Bulukumba, dikenal mampu memadukan ajaran Islam dan nilai-nilai budaya sebagai sebuah ajaran yang diterima secara luas masyarakat Bulukumba.

Ia berpendapat, nilai-nilai budaya yang disebarkan Datu Tiro di tanah Bulukumba ini harus senantiasa dipelihara dan diamalkan sebagai sebuah ajaran dan identitas masyarakat Bulukumba.

Kemudian Majdah juga menyinggung bobroknya moralitas kepemimpinan bangsa ini, tak lain disebabkan nilai-nilai Islam jauh dari amalan keseharian kita. Dalam tradisi kepemimpinan Bugis yang sesuai dengan ajaran Islam, kita mengenal istilah macca (cerdas), lempu (jujur), warani (berani), dan getteng (tegas).

“Ketika empat nilai ini diamalkan, Insya Allah bangsa ini jauh dari keterpurukan moralitas, tambahnya.

Dalam prosesi Festival Datu Tiro ini menampilkan beberapa kesenian diantaranya pembacaan riwayat dan sepak terjang Datu Tiro melalui kesenian Singrili, Gandrang Bulu Sitobo Lalang Lipa', seni bela diri.

Secara simbolik Rektor UIM memberikan bantuan Al Qur'an kepada masyarakat Desa Tri Tiro Bulukumba yang diwakili Pemerintah setempat sebagai bentuk UIM peduli buta aksara Qur'an.

Tampak hadir menyaksikan Festival Datu Tiro ini Ketua DPRD Bulukumba, Wakil Rektor I UIM Musdalifah Mahmud, Dekan Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM Arfah Shiddiq, Asdir I Pasca Sarjana UIM Suardi Bakri, Ketua Muslimat NU Bulukumba, dan ribuan masyarakat Nahdliyin Bulukumba. (Andy Muhammad Idris/Abdullah Alawi)

Selasa 3 Februari 2015 17:14 WIB
Santri Raudlatul Mubtadiin Ngaji Bahasa Inggris Sebulan
Santri Raudlatul Mubtadiin Ngaji Bahasa Inggris Sebulan

Majalengka, NU Online
Pengasuh pesantren Raudlatul Mubtadiin Kiai Abdullah Amin membuka pelatihan Bahasa Inggris bagi santri dan pemuda di aula pesantren, desa Cisambeng kecamatan Palasah, Majalengka, Senin (2/2) malam. Acara yang akan berlangsung hingga 25 Februari ini menghadirkan sejumlah guru bahasa Inggris dari Pare, Kediri.
<>
Pimpinan umum pesantren Agus Rofii mengatakan, pelatihan Bahasa Inggris secara intensif bagi santri dan mengikutsertakan mahasiswa seperti anggota PMII Majalengka selama satu bulan. Kegiatan yang dimulai awal Februari sampai akhir Februari nanti ditangani 5 instruktur profesional dari Happy English Course (HEC) Center Pare Kediri.

“Pelatihan ini memang sudah berjalan 4 tahun lalu. Tahun ini hanya ditambah mahasiswa supaya lebih berdaya saing nantinya. Agenda ini direncanakan dengan intensitas 2 sampai 4 kali sehari,” tandasnya.

Melalui pelatihan tersebut, lanjutnya, peserta didik diharapkan mampu mewujudkan bahasa Inggris selain bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi para santri dan mahasiswa di pesantren.

Pelaksana tugas Kepala Desa Cisambeng Iis Iskandar menyatakan apresiasinya terhadap kegiatan pesantren Raudlatul Mubtadi’in mengingat program ini menunjang sumber daya manusia dalam bidang komunikasi bahasa asing.

Bagi Kiai Abdullah, pesantren Raudlatul Mubtadiin merupakan pesantren yang didesain khusus untuk menjawab tantangan zaman melalui pengajian kitab kuning klasik dan modern dengan pedekatan kontekstual dikarenakan ke depan Majalengka menjadi kota yang berkembang sangat pesat. (Aris Prayuda/Alhafiz K)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG