Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Puasa Ramadhan Dimulai Hari Ahad

Puasa Ramadhan Dimulai Hari Ahad

Jakarta, NU Online
Berdasarkan hasil rukyatul hilal bil fi’li atau mengamati bulan secara langsung untuk menentukan awal bulan Hijriyah, Pengurus Pusat Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) menetapkan awal Ramadhan 1427 H jatuh pada hari Ahad, 24 september 2006.

Laporan yang diterima LFNU dari 17 lokasi rukyatul hilal di seluruh Indonesia menyebutkan, bulan (hilal) sama sekali tidak terlihat di satu lokasi sekalipun. Sementara di tiga lokasi yang lain yakni Gresik, Jepara, dan Banjarmasin, rukyatul hilal terhalang oleh mendung.

<>

Padahal untuk mencapai visibilitas pengamatan (imkanur rukyat) dimana keesokan harinya sudah dihitung masuk awal bulan Hijriyah, bulan harus terlihat dengan tinggi minimal 2 derajat.

“Maka diadakan istikmal yakni menyempurnakan bulan Sya’ban 1427 H sampai 30 hari,” kata Nahari Muslih di Kantor PP LFNU, Jakarta, Jum’at (22/9) petang.

Dengan adanya ketetapan ini dapat dipastikan umat Islam seluruh Indonesia akan menjalankan ibadah puasa secara bersamaan. Sidang itsbat penentuan awal Ramadhan yang dilakukan bersama seluruh ormas Islam di Departemen Agama malam ini dipastikan tidak ada perbedaan.

Organisasi Islam Muhammadiyah dan Persis yang hanya mendasarkan perhitungan awal Ramadhan dengan metode hisab (perhitungan astronomis) telah memutuskan bahwa puasa Ramadhan dimulai hari Ahad. (nam)



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Warta Lainnya

Terpopuler Warta

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×