Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

BLA Jakarta Sukseskan Evaluasi Indeks KUB 2022 di Indonesia Barat

BLA Jakarta Sukseskan Evaluasi Indeks KUB 2022 di Indonesia Barat
Plt Kepala BLAJ Hery Susanto (ketiga kiri) berpose bersama tim evaluasi nasional KUB di Kantor BLAJ di Rawa Kuning Jakarta. (Foto: Dok. BLAJ)
Plt Kepala BLAJ Hery Susanto (ketiga kiri) berpose bersama tim evaluasi nasional KUB di Kantor BLAJ di Rawa Kuning Jakarta. (Foto: Dok. BLAJ)

Jakarta, NU Online
Balai Litbang Agama Jakarta (BLAJ) akhir Mei 2022 lalu telah sukses menyelesaikan evaluasi nasional indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) 2022 di tiga provinsi di Indonesia bagian barat. Yaitu Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten.


“Pelaksanaan kegiatan indeks KUB 2022 yang melibatkan 1.200 responden ini dilaksanakan di beberapa kecamatan yang terpilih secara random,” kata Plt Kepala BLAJ Hery Susanto di kantornya di bilangan Rawa Kuning Jakarta, Jumat (10/6/2022).


Hery Susanto mengatakan, survei indeks KUB merupakan program nasional yang digelar setiap tahun oleh Kementerian Agama  melalui Balitbang Diklat Kemenag RI. BLAJ sebagai salah satu unit kerja daerah di bawah Balitbang Diklat turut terlibat dalam survei ini.


“Ada empat poin menjadi sasaran utama dalam mencari indeks kerukunan umat beragama. Yakni, toleransi, kesetaraan, dan kerja sama antarumat beragama, serta Moderasi Beragama,” ujarnya.


“Semuanya mengarah pada satu tujuan terkait pengetahuan tentang kerukunan umat beragama di masyarakat. Khususnya yang ada di desa atau kelurahan di lokasi survei,” sambung aktivis IPNU dan GP Ansor DKI Jakarta ini.


Hery berharap, hasil survei indek KUB 2022 yang dilakukan BLAJ nantinya  bisa membawa keberkahan dan menjadi tolok ukur warga terkait pengetahuan akan pentingnya nilai-nilai kerukunan umat beragama di masyarakat.


Secara khusus, pria asal Kepulauan Seribu ini mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu evaluasi indeks KUB 2022 sehingga kegiatan tersebut berjalan lancar.


“Saya sangat berterima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Sumatera Selatan, Lampung, dan Banten. Kepala Kantor Kemenag Kota dan Kabupaten di mana pun yang menjadi lokus survei KUB, juga Kesbangpol, dan Forum Kerukunan Umat Beragama di kabupaten/kota,” ungkapnya.


Pria yang juga menjabat Kasubag TU BLA Jakarta itu dalam kesempatan yang sama mengapresiasi tim evanas KUB 2022 BLAJ dan enumerator yang telah bekerja keras di lapangan.


“Saya bersyukur karena tim telah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik sebelum waktunya serta menyerahkan data survei dari masing-masing responden,” tutur Hery Susanto.


Sekedar informasi, masing-masing provinsi dipilih empat kabupaten/kota. Provinsi Banten meliputi Lebak, Serang, Kota Serang, Kota Cilegon, Provinsi Lampung (Lampung Barat, Tanggamus, Kota Bandar Lampung, Kota Metro), Sumsel (Muara Enim, Musi Banyuasin, Kota Lubuklinggau, Kota Palembang).


Kontributor: Aris W Nuraharjo
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×