Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Ibrahimy Gandeng Unej

Laksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Ibrahimy Gandeng Unej
Rektor Universitas Jember, Muhammad Hasan dan Rektor Universitas Ibrahimy, Abu Yazid saat penekenan MoU. (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Rektor Universitas Jember, Muhammad Hasan dan Rektor Universitas Ibrahimy, Abu Yazid saat penekenan MoU. (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguran Tinggi, Universitas Ibrahimy, Situbondo Jawa Timur mengadakan kerjasama dengan Universitas Jember (Unej). Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara keduanya di ruang pertemuan gedung Rektorat Unej, Sabtu (14/12).

 

Dalam penandatanganan itu, Universitas Ibrahimy, Situbondo diwakili oleh Rektor Abu Yazid, sedangkan Unej diwakili oleh Rektor Muhammad Hasan.

 

Menurut Hasan, kerjasama itu terkait dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya point ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dikatakannya, kedua lembaga ini (Universitas Ibrahimy dan Unej) sepakat untuk melaksanakan pengabdian di salah satu daerah terpencil, Riau.

 

“Kalau Universitas Ibrahimy sudah jalan di situ (Riau), yaitu aspek keagamaan. Kemudian saya berpikir kenapa tidak diikuti bidang lain, misalnya pendidikan. Maka di situlah Unej berperan,” ujar Hasan.

 

Dalam waktu dekat, lanjut Hasan, Unej akan mengirimkan personel ke Riau untuk mengisi ‘kekosongan’ dalam pelaksanaan salah satu point Tri Dharma Perguruan Tinggi itu, yakni pendidikan. Sehingga nanti masyarakat yang menjadi target pengabdian, tidak hanya menerima pembinaan keagamaan, tapi juga pendidikan dan sebagainya.

 

“Intinya kami ingin memberdayakan masyarakat setempat melalui pendidikan dan pembinaan keagamaan,” terangnya.

 

Sementara itu, Abu Yazid menegaskan bahwa pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat bukan sekadar formalitas, namun benar-benar dijalankan dengan sungguh-sungguh. Ilmu yang bermanfaat, katanya, bukan hanya ilmu yang dipelajari dan disimpan untuk diri sendiri, namun diamalkan agar memberikan manfaat untuk orang banyak.

 

“Jadi kita belajar memang agar ilmu yang kita dapat bisa dimanfaatkan untuk masyarakat, apapun bentuknya,” ucapnya.

 

Di tempat yang sama, salah seorang tokoh masyarakat, HM Misbahus Salam mengapresiasi kerjasama tersebut. Menurutnya, kerjasama antara Unej dan Universitas Ibrahimy sangat pas dan bisa saling melengkapi.

 

“Sinergi ini sangat bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat melalui pembinaan keagamaan dan pendidikan. Dua hal ini rata-rata menjadi problem masyarakat di daerah terpencil,” ucapnya.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×