Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Teladani Gus Dur, Ansor Tengah Tani Cirebon Bersih-bersih Sungai

Teladani Gus Dur, Ansor Tengah Tani Cirebon Bersih-bersih Sungai
Semangat Haul Gus Dur menggerakkan Ansor-Banser Tengah Tani Cirebon melakukan bersih-bersih sungai, Jumat (1/1). (Foto: Ajitio)
Semangat Haul Gus Dur menggerakkan Ansor-Banser Tengah Tani Cirebon melakukan bersih-bersih sungai, Jumat (1/1). (Foto: Ajitio)

Cirebon, NU Online
Mengisi peringatan Haul Gus Dur dilakukan PAC Ansor-Banser Tengah Tani dengan menggelar acara bersih-bersih sungai, Jumat (1/1). Kegiatan dipusatkan di Desa Dawuan Kecamatan Tengah Tani, Cirebon. Aksi juga sebagai bentuk kemanusiaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar karena seringnya terjadi banjir di desa tersebut.


Menurut Gunawan salah satu anggota Ansor yang bertugas saat itu mengatakan bahwa acara ini juga sebagai upaya penyadaran para warga agar tidak membuang sampah di sungai yang dapat mengakibatkan banjir, apalagi cuaca sudah masuk musim penghujan.

 

Muhammad Alfiyan Amali selaku ketua PAC Ansor Tengah Tani mengatakan intensitas hujan yang tinggi juga tersumbatnya aliran sungai dikarenakan sampah, daerah ini hampir selalu tergenang banjir. "Mungkin momen Haul Gus Dur kali ini sebagai upaya penyadaran agar para warga tak lagi membuang sampah di sungai," ujar dia.

 

Menurutnya, kesadaran para warga dalam membuang sampah harus betul-betul dibenahi. Banjir bisa dihindari dengan berbagai upaya dan salah satunya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bahkan pada saat bersih-bersih berlangsung masih ada saja warga yang membuang sampah di sungai dan ini sangat miris.


"Harapannya semoga para warga tidak mengulangi kesalahan seperti ini lagi. Bukan hanya warga desa ini melainkan untuk warga desa-desa sekitar juga," tuturnya.

 

Selain anggota Ansor, banyak juga dari para pemuda sekitar yang ikut terjun membersihkan sungai. Mereka tak canggung membaur dengan para relawan Ansor-Banser. Mereka juga memasang baliho besar yang bertuliskan 'Banjir... Akibat anda membuang sampah di sungai'.

 

Tulisan itu diharapkan menjadi pengingat untuk para warga.

 

Haul Gus Dur dilakukan di berbagai tempat dengan beragam kegiatan. Peringatan Haul Gus Dur memag bertujuan meneladani sikap kemanusiaan yang ditularkan lewat berbagai tindakan dari Gus Dur itu sendiri.

 

Kontributor: Ajitio Puspo Utomo
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×