Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Maroko Ramaikan Perebutan Tahta Piala Dunia di Tengah Supremasi Eropa dan Amerika Latin

Maroko Ramaikan Perebutan Tahta Piala Dunia di Tengah Supremasi Eropa dan Amerika Latin
Pemain Timnas Maroko meluapkan kegembiraan setelah Achraf Hakimi memastikan Al Maghribi lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (Foto: Instagram FIFA World Cup)
Pemain Timnas Maroko meluapkan kegembiraan setelah Achraf Hakimi memastikan Al Maghribi lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (Foto: Instagram FIFA World Cup)

Jakarta, NU Online

Maroko terus mencetak sejarah di Qatar dalam perhelatan Piala Dunia 2022. Terakhir, timnas berjuluk Singa Atlas itu menghempaskan Spanyol di babak 16 besar, Selasa (6/12/2022) di Education City Stadium, Al Rayyan, Doha. Maroko mengalahkan Spanyol 3-0 lewat adu penalti setelah tidak ada satu pun gol yang tercipta selama 120 menit.


Maroko menjadi negara Arab pertama dan tim Afrika keempat yang mencapai babak delapan besar setelah Kamerun pada 1990, Senegal pada 2002, dan Ghana pada 2010. Tetapi, tidak satu pun dari ketiga tim tersebut yang pernah melangkah lebih jauh.


Tak pelak, capaian Maroko disambut gegap gempita oleh suporter, baik yang hadir langsung di Qatar maupun yang berkumpul di stadion di Kota Casablanca. Mereka percaya bahwa negaranya akan melangkah lebih jauh lagi di Piala Dunia 2022.


Dilansir BBC Sport, salah seorang penggemar Maroko, Azam, merayakan kemenangan tim kesayangannya di luar stadion. "Tidak ada yang percaya, tapi kami percaya. Kami percaya kami juga bisa menang lagi," ucap Azzam.


Lolosnya Maroko ke babak perempat final sekaligus memotong dominasi Eropa dan Amerika Latin atau Amerika Selatan di Piala Dunia 2022. Sebelumnya, Maroko juga memulangkan Belgia dan Kanada di Grup F.


Eropa menempatkan 5 wakil di babak 8 besar Piala Dunia 2022, yaitu Belanda, Kroasia, Inggris, Prancis, dan Portugal. Amerika Selatan diwakili Brasil dan Argentina, sedangkan Maroko wakil tunggal benua Afrika.


Sejarah juga mencatat bahwa perhelatan Piala Dunia sejak 1930 hingga 2018 pemenangnya hanya berasal dari dari Eropa dan Amerika Latin. Brasil mencatat juara terbanyak 5 kali, disusul Jerman dan Italia sebanyak 4 kali. Kemudian Uruguay, Argentina, Prancis masing 2 kali, serta Inggris dan Spanyol sebanyak 1 kali.


Di luar perwakilan Eropa dan Amerika Latin, Korea Selatan merupakan salah satu negara dengan capaian tertinggi di Piala Dunia yaitu berhasil menggapai Semi Final di Piala Dunia 2002 silam. Korsel dikalahkan Jerman 0-1 lewat gol tunggal Michael Ballack pada menit 75. Sedangkan Brasil mengalahkan Turki 1-0 untuk bertemu Jerman di Final.


Setelah final Piala Dunia edisi 2002 tersebut, negara-negara wakil Eropa sangat mendominasi hingga babak Final. Dari 2006 hingga 2018, tercatat terjadi Final sesama negara Eropa sebanyak empat kali. 


Pada Piala Dunia 2006 Final mempertemukan Italia vs Prancis. Empat tahun kemudian pada 2010 di Afrika Selatan, babak Final mempertemukan Belanda vs Spanyol, kemudian pada 2018 di Rusia babak final menyuguhkan Kroasia vs Prancis. Hanya pada Final 2014 di Brasil yang mempertemukan negara dari benua berbeda yaitu Jerman vs Argentina.


Pada babak perempat final, Maroko akan melawan Portugal yang akan digelar di Stadion Al Thumama pada 10 November 2022. Achraf Hakim, dkk akan meladeni keperkasaan Selecao das Quinas yang di babak 16 besar berhasil melumat Swiss dengan skor telak 6-1.


Di partai lain babak perempat final Piala Dunia 2022, Argentina melawan Belanda, Brasil bersua Kroasia, dan Prancis akan menantang Inggris.


Pewarta: Fathoni Ahmad
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Internasional Lainnya

Terpopuler Internasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×