Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Kenapa Musim Pancaroba Bikin Tubuh Gampang Sakit?

Kenapa Musim Pancaroba Bikin Tubuh Gampang Sakit?
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jakarta, NU Online
Peralihan musim kemarau menuju musim penghujan dengan kondisi cuaca ekstrim sangat berkaitan dengan meningkatnya berbagai serangan penyakit. Perubahan cuaca dari panas terik menjadi dingin mengakibatkan imunitas tubuh menurun dan gampang sakit.

 

Perubahan cuaca yang terjadi begitu cepat dapat meningkatkan risiko tubuh terserang penyakit. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti peralihan suhu yang ekstrem.

 

Melansir artikel Berbagai Penyakit yang Rentan Muncul di Musim Pancaroba, dijelaskan bahwa pada suhu yang dingin, virus lebih menjadi mudah bertahan dan lebih cepat berkembang berkali-kali lipat. Hal ini meningkatkan potensi virus menyerang manusia.

 

Selain itu, udara dingin juga berdampak buruk pada kinerja sistem imun dalam melindungi tubuh dari virus-virus tersebut.

 

Pembuluh darah menjadi menyempit sebagai upaya mempertahankan suhu di organ-organ tubuh pada saat tubuh terpapar udara dingin. Hal itu menyebabkan sistem imun tubuh secara tidak langsung terganggu dalam melawan infeksi virus.

 

Beberapa penyakit yang sering timbul saat musim pancaroba antara lain, sakit kepala, batuk, flu, nyeri sendi, demam berdarah (DBD), hingga ISPA.

 

Untuk itu, agar tubuh kesehatan tubuh senantiasa terjaga, berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghindari terserang penyakit di musim pancaroba:

 

1. Menyiapkan perlengkapan musim hujan 
Perubahan cuaca ekstrem merupakan salah satu ciri dari musim pancaroba. Kondisi cuaca yang tidak menentu, seperti cerah terik di siang hari dan hujan lebat di sore hari harus bisa diantisipasi. Untuk itu, tetaplah membawa perlengkapan musim hujan seperti jaket atau jas hujan meskipun cuaca tidak terlihat mendung.

 

2. Memenuhi nutrisi harian
Menjaga daya tahan tubuh saat musim pancaroba salah satunya dengan memenuhi kebutuhan gizi harian. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh dapat bekerja dengan maksimal untuk melawan penyakit.

 

3. Mengonsumsi vitamin C
Selain memenuhi nutrisi harian, Anda juga dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C yang berfungsi menjaga sistem imun. Dengan mengonsumsi vitamin C, sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi secara maksimal untuk melawan berbagai penyakit. Vitamin C dapat ditemui secara alami di sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, pepaya, dan mangga.

 

Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×