Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

10 Ide Lomba 17 Agustus, Seru untuk Rayakan HUT RI

10 Ide Lomba 17 Agustus, Seru untuk Rayakan HUT RI
10 Ide Lomba 17 Agustusan.
10 Ide Lomba 17 Agustusan.

Jakarta, NU Online
Memasuki bulan kemerdekaan Republik Indonesia, masyarakat umumnya disibukkan dengan persiapan beragam perayaan. Mulai dari pawai sepeda hias, pertunjukan seni daerah, hingga sederet perlombaan khas 17 Agustus.

 

Perlombaan yang biasanya digelar dalam momentum kemerdekaan negara itu diikuti oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga lansia. Umumnya, masyarakat Indonesia memeriahkannya dengan lomba panjat pinang, tarik tambang, membawa kelereng dengan sendok atau balapan karung.

 

Tak hanya empat perlombaan itu, ternyata ada banyak lomba 17 Agustus, lho. Berikut adalah 10 ide lomba 17 Agustus yang NU Online rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Lomba karet wajah
Lomba ini sering diibaratkan sebagai senam wajah. Ini karena peserta harus menggerakan wajah sampai karet yang terpasang di bagian hidung jatuh ke dagu. Lomba ini cocok untuk anak-anak dan orang tua.

 

2. Lomba estafet tepung
Lomba ini dapat menguji ketangkasan dan kerja sama tim. Lomba terdiri dari beberapa orang yang terbentuk dalam 1 tim. Lalu, anggota tim duduk berbaris dengan masing-masing anggota memegang baskom di atas kepala. Anggota tim paling depan akan mengestafetkan tepung kepada anggota kedua, begitu seterusnya.

 

3. Lomba memasukan bendera ke dalam botol
Lomba ini sangat identik dengan 17 Agustus, di mana peserta harus berlari untuk mengambil bendera merah putih dari botol satu dan memindahkannya ke botol yang lain. Jarak antara botol satu dan botol dua biasanya terlampau cukup jauh. Masing-masing botol diletakan di ujung lapangan warga dengan ketentuan yang variatif. Siap-siap berkeringat, nih!

 

4. Lomba makan kerupuk
Pada lomba ini, peserta harus memakan kerupuk yang digantung tali menjuntai dengan posisi tangan terlipat ke bagian belakang dan menutup mata. Supaya lebih menantang, biasanya tali akan digoyang-goyangkan dan kerupuk akan dilumuri dengan kecap.

 

5. Lomba cabut uang koin dari buah pepaya
Nah, lomba ini biasanya sangat diminati peserta karena hadiah yang didapatkannya kontan terbayar, hihi. Peserta harus mencabut uang koin yang tertancap pada buah pepaya menggunakan gigi. Supaya lebih seru, biasanya pepaya akan dilumuri oli atau ditaburi tepung.

 

6. Lomba memindahkan kelereng dengan sendok
Lomba dimulai dengan peserta menggigit sendok yang diisi kelereng. Lalu, peserta harus berjalan cepat dan memindahkan kelereng tersebut. Peserta harus berhasil memindahkan sebanyak-banyaknya kelereng untuk menjadi pemenang. Jangan sampai jatuh, ya!

 

7. Lomba menggigit terong dalam air
Terong yang digunakan pada lomba ini adalah terong hijau berbentuk bulat. Terong akan diletakan di dalam wadah panjang berisi air dan dibiarkan mengapung. Peserta nantinya harus mengambil terong tersebut menggunakan gigi.

 

8. Lomba makeup sambil menutup mata
Siapa yang suka merias wajah? Nah, ini saatnya uji kemampuanmu!

 

Pada lomba ini, peserta akan merias wajah temannya dengan posisi mata tertutup kain. Peserta akan meraba bagian wajah temannya, lalu menentukan alat makeup apa yang harus digunakan pada bagian yang diraba tersebut.

 

9. Lomba panjat pinang 
Perlombaan ini dilakukan dengan memanjat pohon pinang yang sudah dikuliti dan dilumuri cairan pelicin. Peserta akan memperebutkan barang-barang yang digantung di pucuknya. Hati-hati, jangan sampai jatuh, ya!

 

10. Tarik tambang
Pada lomba ini, peserta terbagi menjadi dua tim. Setiap tim  terdiri dari 5 orang tau lebih. Masing-masing tim saling berhadapan dan menarik tali tambang. Pemenangnya adalah tim yang berhasil merobohkan pertahanan lawan.

 

Itu tadi 10 ide memeriahkan 17 Agustus. Kamu paling sering ikut lomba yang mana, nih?

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×