Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

7 Tips Aman saat Terjebak Badai Petir

7 Tips Aman saat Terjebak Badai Petir
Ketika mendapati hujan disertai petir, usahakan untuk menemukan tempat berteduh segera mungkin.
Ketika mendapati hujan disertai petir, usahakan untuk menemukan tempat berteduh segera mungkin.

Jakarta, NU Online 
Petir merupakan gejala alam yang kerap terjadi pada musim hujan. Meski demikian, fenomena alam yang satu ini harus diwaspadai. Saat hujan disertai petir menyambar, menemukan tempat berlindung yang tepat mungkin tidak selalu mudah. 


Berikut adalah tips terbaik tentang apa yang harus dilakukan jika terjebak di luar ruangan selama badai petir, seperti dilansir AccuWeather.


1. Cari tempat berteduh secepat mungkin

Ketika mendapati hujan disertai petir, usahakan untuk menemukan tempat berteduh segera mungkin. The National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) menyarankan bahwa tindakan terbaik adalah pergi ke gedung atau kendaraan yang aman. Berada di tempat terbuka adalah larangan besar.


2. Tetap di daerah yang rendah

Selanjutnya adalah tetap berada di dataran rendah. Jika tidak ada tempat berteduh, yang terbaik adalah mencari tempat yang rendah.
 

NOAA merekomendasikan bahwa ketika melakukan aktivitas luar ruangan saat badai petir terjadi di area tersebut, hindari tempat-tempat seperti ladang atau puncak bukit. 


3. Diam di dalam mobil jadi pilihan alternatif

Meskipun berada di dalam mobil tertutup tidak seaman berada di dalam gedung, ini adalah pilihan yang lebih aman daripada tetap berada di luar.


Mobil adalah pilihan yang aman karena cangkang logam mobil dapat menyebarkan petir ke tanah. Meskipun tidak sepenuhnya aman, Anda lebih aman di dalam mobil dibandingkan di luar.


4. Hindari genangan air

Jika keluar di pantai, kolam atau danau, dan guntur mulai menggelegar, segera cari perlindungan. Berada di luar, terutama di dekat air, bukanlah pilihan yang baik.


5. Tidak berdiam di tenda dan paviliun

Saat keluar di taman atau perkemahan, orang cenderung berkumpul di bawah tenda atau paviliun untuk menunggu badai. Namun, berdiri di bawah alam terbuka seperti itu merupakan pilihan yang berisiko.


Banyak tenda atau paviliun memiliki bingkai logam atau setidaknya terbuat dari bahan konduktif lainnya. Berteduh dalam tenda menjadi beresiko untuk dilakukan saat badai petir.


6. Selalu periksa prakiraan cuaca sebelum pergi ke luar

Jika Anda tahu Anda akan berada di luar untuk waktu yang lama, jauh dari bangunan terdekat atau mobil Anda, periksa ramalan cuaca setempat sebelum meninggalkan rumah untuk hari itu.


NOAA mengingatkan Anda untuk mengingat bahwa perkiraan tempat tinggal Anda mungkin tidak sama dengan tempat yang Anda tuju, jadi pastikan untuk bersiap jika terjadi badai petir.


7. Segera berteduh ketika mendengar gemuruh

Masyarakat kadang salah paham bahwa badai guntur harus beriringan dengan petir untuk menjadi bahaya. Padahal tidak demikian. Bgitu guntur terdengar, Anda harus segera pindah ke tempat berteduh.


Petir dapat menyambar sangat jauh dari badai. Jadi, meskipun tidak hujan dan Anda mendengar guntur, segeralah mencari tempat yang aman untuk berlindung.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×