Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Gus Yahya Apresiasi Tindakan Cepat Pemerintah Tangani Tragedi Kanjuruhan

Gus Yahya Apresiasi Tindakan Cepat Pemerintah Tangani Tragedi Kanjuruhan
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf saat memberikan santunan bagi keluarga korban dalam tragedi Kanjuruhan.
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf saat memberikan santunan bagi keluarga korban dalam tragedi Kanjuruhan.

Malang, NU Online

Dalam suasana duka luar biasa, Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf mendorong harus adanya pertanggungjawaban atas ratusan korban jiwa di Satdion Kanjuruhan Malang. Namun, ia juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah yang melakukan langkah cepat dalam menangani kasus tersebut.


“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah TNI/Polri yang telah bertindak dengan cepat,” ujar Gus Yahya saat mengikuti tahlil di kantor PCNU Kota Malang, Selasa (4/10/2022).


Gus Yahya juga mengapresiasi tim pencari fakta yang telah dibentuk. “Saya percaya bahwa tim pencari fakta yang terdiri dari tokoh-tokoh yang kredibel bisa bertugas degan baik,” kata pengasuh Pesantren Leteh, Rembang ini.


Untuk membantu korban, NU membentuk Satuan gugus tugas tragedi Kanjuruhan dengan  mendirikan Posko Terpadu yang berlokasi di Kantor PCNU Kabupaten Malang.


Di bawah pengawasan langsung Gus Yahya dan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) Posko Terpadu ini dibentuk dengan melibatkan semua unsur mulai dari PBNU, PWNU, PCNU, serta lembaga dan banom di bawah NU mulai dari Ansor, Fatayat, Muslimah hingga Lazisnu dan Lembaga Dokter NU.


“Bagi NU ini wajib dilakukan sebagai bagian dari tanggung jawab NU,” ujar Gus Yahya.


Meski mendirikan posko terpadu, namun Gus Yahya memerintahkan personel posko untuk proaktif mendatangi keluarga korban. 


“Yang yatim juga harus diurus sampai mandiri. Jangan hanya bayari SPP tapi harus dipikirkan sampai dia bisa hidup mandiri,” kata Gus Yahya.


Ketua PCNU Kota Malang KH Isrohunnajah menyambut baik gagasan. PBNU memberikan santunan kepada keluarga korban.


“Alhamdulillah siang ini kita bisa berdoa bersama, tahlil dan memberikan santunan bagi keluarga korban yang langsung diberikan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf,” kata dia. 


Santunan kali ini diberikan kepada perwakilan dua keluarga korban serta kepada para Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) yang kemudian para Ketua MWC ini yang akan memberikan santuna kepada keluarga korban.


“Keluarga akan didatangi langsung. Kita nanti juga akan tahlil dan memberikan santunan di rumah-rumah keluarga korban,” ujar KH Isrohunnajah.


Editor: Fathoni Ahmad



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×