Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Idul Fitri 1443, Wapres Harap Umat Islam Teruskan Kebaikan Selama Ramadhan

Idul Fitri 1443, Wapres Harap Umat Islam Teruskan Kebaikan Selama Ramadhan
Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin. (Foto: BPMI Setwapres).
Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin. (Foto: BPMI Setwapres).

Jakarta, NU Online 
Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) KH Ma’ruf Amin berkesempatan menghadiri Acara Gema Takbir Nasional dan Pesan Idul Fitri 1443 H/2022 M, di Masjid Istiqlal, pada Ahad (1/5/2022) malam.

 

Pada kesempatan itu, ia mengingatkan bahwa umat Islam telah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan yang bertujuan untuk mengendalikan diri dari hawa nafsu dan mengasah kepedulian terhadap sesama.

 

Di bulan Ramadhan, kata Wapres, umat Islam mampu konsisten menjalankan ibadah lebih banyak dari hari-hari biasa. Selain itu, mampu mengendalikan emosi dan menjadi lebih terhadap sesama manusia. Kiai Ma’ruf lantas berharap agar hal-hal baik yang dilakukan selama Ramadhan dapat diteruskan di hari-hari selanjutnya.

 

“Kita harus mampu meneruskan kebiasaan baik yang telah terbentuk untuk mewujudkan kualitas kehidupan kita yang lebih baik,” ucap Wakil Presiden (Wapres) RI KH Ma’ruf Amin dalam acara Gema Takbir Nasional dan Pesan Idul Fitri 1443 H/2022 M yang disiarkan langsung melalui Kanal Youtube Masjid Istiqlal TV.

 

Wapres menyadari perayaan Idul Fitri tahun ini menjadi lebih semarak setelah masyarakat diperbolehkan untuk dapat melaksanakan tradisi mudik, mengingat sudah dua tahun masyarakat tidak bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Meski begitu, ia tetap mengingatkan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan.

 

“Tahun ini saya bisa merasakan kegembiraan masyarakat yang luar biasa dalam menyambut Idul Fitri karena bisa bertemu langsung dengan keluarga dan kerabat tercinta. Saya mengimbau agar seluruh masyarakat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri tetap waspada dan berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan,” pesan Wapres.

 

Ia berharap, upaya pemulihan dan percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah dapat semakin terpacu dengan adanya semangat perayaan Idul Fitri di tahun ini.

 

“Semoga Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini memberikan semangat baru bagi kita semua untuk terus berjuang dan berkarya di tengah upaya pemulihan dan percepatan pembangunan menuju Indonesia maju,” katanya.

 

Senada, Wakil Menteri Agama H Zainut Tauhid Saadi menekankan perlunya ketaatan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di dalam perayaan Idul Fitri 1443 H.

 

 “Marilah kita rayakan hari kemenangan ini dengan penuh khidmat, penuh khusyuk, dan tanggungjawab dengan tetap memperbatikan protokol kesehatan,” ujar Zainut.

 

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarat Islam (Bimas Islam) H Kamaruddin Amin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar.

 

Pewarta: Aru Lego Triono
Editor: Aiz Luthfi
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×