Home Nasional Warta Esai Khutbah Daerah Cerpen Fragmen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Keislaman Internasional English Tafsir Risalah Redaksi Opini Hikmah Video Nikah/Keluarga Obituari Tokoh Hikmah Arsip Ramadhan Kesehatan Lainnya

Kemenkes Sambut Baik Upaya Satgas NU Covid-19 Beri Vaksinasi Booster bagi Kiai 

Kemenkes Sambut Baik Upaya Satgas NU Covid-19 Beri Vaksinasi Booster bagi Kiai 
​​​​​​​Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi (Foto: kemenkes.go.id)
​​​​​​​Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi (Foto: kemenkes.go.id)

Jakarta, NU Online

Kementerian Kesehatan menyambut baik upaya pemberian vaksinasi dosis lanjutan atau booster di lingkungan pesantren oleh Satgas Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Covid-19 yang bersinergi dengan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Pengurus Besar NU (PBNU).

 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan berterima kasih dengan adanya program vaksinasi yang dilakukan oleh NU terutama untuk menyasar pesantren-pesantren. "Saya berterima kasih banyak," kata dr Nadia dalam webinar bertajuk Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir di Tengah Kemunculan Varian Omicron?, Kamis (27/1/2022).

 

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Covid-19 Muhammad Makky Zamzami mengungkapkan bahwa pihaknya akan bersinergi dengan RMI dalam rangka melaksanakan vaksinasi booster di lingkungan pesantren. Upaya tersebut dilakukan guna memperkuat benteng pertahanan pesantren dari virus Covid-19 dan bayang-bayang gelombang ketiga di Indonesia.

 

"Kita akan melaksanakan vaksinasi booster kepada tokoh kiai, tokoh agama, lansia di pesantren dengan cara door to door. Dan ini bisa kita lakukan untuk memperkuat pesantren-pesantren," ujar dr Makky.

 

Ia mengatakan, total vaksinasi yang telah terlaksana secara kolaboratif dengan berbagai lembaga di beberapa pesantren mencapai angka yang tinggi yakni lebih dari 80 ribu dosis. Menurutnya, upaya pencegahan tersebut harus terus dilakukan.

 

Dokter Makky berharap, pemberian vaksinasi booster di lingkungan pesantren bisa segera terlaksana. "Pendampingan pesantren bisa dilakukan untuk pencegahan Omicron masuk pesantren. Harapan kami, kita bisa segera bantu mempercepat vaksinasi booster," terangnya.

 

Selaras, Ketua Satkor Covid-19 RMI PBNU Ulun Nuha menyebut bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satgas NU Peduli Covid-19 dan Baznas untuk melakukan vaksinasi booster bagi kiai dan pengajar pesantren dan menuntaskan vaksinasi primer bagi seluruh santri di sejumlah pesantren yang berafiliasi dengan NU.

 

"Saat ini kami mendapatkan permintaan yang cukup banyak dari pesantren untuk mendapatkan booster. Kita sedang siapkan kembali, bersinergi dengan Satgas NU Peduli Covid-19 dan Baznas mengingat akses terhadap dosisi primer sudah bagus. Insyaallah ini menjadi benteng yang tangguh bagi pesantren," ujar Ulun.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×