Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Pramuka Ikut Serta Bangun Bangsa

Pramuka Ikut Serta Bangun Bangsa
Pembukaan Jambore Nasional XI Gerakan Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Ahad (14/8/2022). (Foto: twitter @kwarnaspramuka)
Pembukaan Jambore Nasional XI Gerakan Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Ahad (14/8/2022). (Foto: twitter @kwarnaspramuka)

Jakarta, NU Online 
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso saat Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-61 dan Pembukaan Jambore Nasional XI menegaskan bahwa Pramuka telah berupaya mewujudkan ketangguhan bangsa dengan beragam kegiatan. 


"Yaitu bakti sosial, bakti masyarakat, ikut serta menolong dalam berbagai kondisi bencana alam, bergerak bersama dalam membantu menanggulangi pandemi Covid-19, serta memperkuat ketahanan pangan, dan melaksanakan program untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila," ujarnya di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Ahad (14/8/2022).
 

Sejumlah kegiatan tersebut diwujudkan dalam perilaku sehari-hari. Hal ini menurutnya sebagai bentuk pengabdian Pramuka. 


Lebih jauh ia menyampaikan, Pramuka sudah melakukan kerja sama dengan beragam pihak untuk meningkatkan kegiatan dan peran serta gerakan Pramuka dalam membantu membangun bangsa. 


"Seperti Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, dan pihak-pihak lain," ujarnya.


Kerja sama dengan berbagai pihak juga dilakukan di seluruh wilayah Indonesia melalui Gugus Depan (Gudep), Kwartir Ranting (Kwaran), Kwartir Cabang (Kwarcab), Kwartir Daerah (Kwarda), dan Kwartir Nasional (Kwarnas). Dengan demikian, kegiatan-kegiatan yang dilakukan Pramuka bisa lebih semarak. 


Pramuka sedang menyelenggarakan Jambore Nasional. Ini yang kesebelas kalinya dilaksanakan. Jamnas XI tahun 2022 ini diadakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur dari tanggal 14 agustus sampai tanggal 21 Agustus 2022. Jamnas XI tahun 2022 ini bertemakan Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi. 


Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) itu menyebutkan kegiatan Jamnas tahun ini di antaranya adalah Kampung Pengembangan Berkelanjutan, Keterampilan Kepramukaan, Teknologi, Seni, Budaya, Kampung Digital, Petualangan Air, Festival, Perayaan, dan Wisata Edukasi.


"Selain itu juga dilaksanakan kegiatan bakti masyarakat berupa jambanisasi, dan pembagian bahan pokok sembako kepada warga sekitar Buperta Cibubur yang akan dilaksanakan oleh para pembina pendamping. Di samping itu di Buperta Cibubur juga telah disiapkan Kebun Buah Nusantara dan Kebun Tanaman Keras nusantara. Serta diterbitkan pula seri perangko peringatan oleh Kementerian Komunikasi, dan Informatika Republik Indonesia," pungkasnya.


Kontributor: Malik Ibnu Zaman
Editor: Syamsul Arifin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×