Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tiga Hasil Rapimnas IPNU: Mulai Peremajaan hingga Perubahan Jadwal dan Tempat Kongres XX

Tiga Hasil Rapimnas IPNU: Mulai Peremajaan hingga Perubahan Jadwal dan Tempat Kongres XX
Para Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) dari seluruh Indonesia berfoto bersama pada Rapimnas Sabtu (12/6/2022). (Foto: istimewa)
Para Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) dari seluruh Indonesia berfoto bersama pada Rapimnas Sabtu (12/6/2022). (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online 

Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PP IPNU) menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada Sabtu (12/6/2022) di Yuan Garden Hotel, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh 25 Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) dari seluruh Indonesia.


Rapimnas ini menghasilkan tiga keputusan penting yang disepakati oleh seluruh peserta. Pertama, peremajaan usia pengurus IPNU di setiap jenjang pimpinan yang akan dibahas dalam Kongres XX mendatang.


Kedua, adanya perubahan lokasi dan waktu pelaksanaan Kongres IPNU yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Atas dasar berbagai pertimbangan, Kongres XX IPNU dipindah pada bulan Agustus di DKI Jakarta.


Sebelum Kongres, akan dilaksanakan kegiatan Pra-Kongres untuk membahas kematangan materi yang akan dibahas dalam forum tertinggi organisasi IPNU itu.


Selain dua hal di atas, Rapimnas 2022 IPNU ini juga menghasilkan keputusan untuk mengusulkan perubahan Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008. Forum Rapimnas mengusulkan agar organisasi masyarakat dapat masuk pada peraturan tersebut agar IPNU dapat turut hadir berkontribusi memberikan pembinaan kepada siswa.


Ketua Umum PP IPNU Aswandi Jailani menyampaikan bahwa keputusan dari Rapimnas ini akan segera disosialisasikan kepada seluruh cabang dan wilayah di seluruh Indonesia. Hal ini mengingat pelaksanaan Kongres IPNU XX semakin dekat.


"Hasil ini segera kita sosialisasikan kepada kader-kader IPNU di seluruh pimpinan," ujar kader IPNU asal Jambi itu.


Sebelumnya, dalam forum pembukaan, Aswandi Jailani menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari amanat organisasi yang harus ditunaikan. Sebab, ada beberapa keputusan penting yang harus disepakati oleh seluruh jajaran pimpinan menjelang pelaksanaan kongres IPNU.


Rapimnas 2022 IPNU ini dibuka oleh Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Nur Hidayat. Dalam arahannya, ia menyampaikan bahwa IPNU harus kembali fokus menggarap kaderisasi di tingkat bawah, yakni di sekolah, khususnya sekolah negeri.


Ia juga mengingatkan pimpinan IPNU dari seluruh wilayah di Indonesia akan hadirnya bonus demografi. Hal ini harus direspons dengan baik sehingga ketika hadir, hal tersebut dapat menjadi berkah dan manfaat bagi bangsa.


"Bonus demografi harus bisa dimanfaatkan dengan baik dengan cara mulai dari saat ini. IPNU-IPPNU harus kembali fokus pada segmentasi dunia pendidikan yaitu pelajar," katanya.


Kegiatan Rapimnas IPNU ini juga berbarengan dengan Rapimnas Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU).


Pewarta: Syakir NF
Editor: Kendi Setiawan



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Nasional Lainnya

Terpopuler Nasional

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×