Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

LAZISNU Kota Tarakan Raih Juara 1 Festival Ekonomi Syariah Indonesia Timur

LAZISNU Kota Tarakan Raih Juara 1 Festival Ekonomi Syariah Indonesia Timur
LAZISNU Kota Tarakan Raih Juara 1 Festival Ekonomi Syariah Indonesia Timur
LAZISNU Kota Tarakan Raih Juara 1 Festival Ekonomi Syariah Indonesia Timur

Jakarta, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Tarakan Kalimantan Utara dikukuhkan sebagai Juara terbaik 1 dalam kategori Dakwah Ekonomi Syariah. Ajang ini diadakan pada Festival Ekonomi Syariah kawasan Indonesia Timur Tahun 2022 yang diselenggarakan pada Sabtu (30/7/2022) di kantor perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Utara.
 

Direktur LAZISNU Kota Tarakan, Ustadz Fahmi Syam mengatakan raihan LAZISNU Tarakan ini berkat konsep sedekah Jumat yang diusung, bertajuk JJS atau Jumat-Jumat Sedekah.

 

“JJS menfokuskan pemberian sekedah Jumat kepada mereka-mereka yang berada dan hidup di jalanan, dan hal tersebut dengan kategori perlombaan yaitu dakwah ekonomi syariah,” kata Ustadz Fahmi Syam kepada NU Online, Senin (1/8/2022).

 

Lomba diikuti dengan mengirimkan video kepada panitia sesuai ketentuan. Video yang digagas oleh LAZISNU dinilai mampu menginspirasi masyarakat untuk gemar bersedekah walau bagaimanapun kondisinya.

 

“Karena kondisi ekonomi bukan alasan untuk tidak berbagi,” ujarnya.

 

Pihaknya juga menjelaskan bahwa konsep sedekah pada ‘Jumat-Jumat Sedekah’ merupakan salah satu program pendistribusian unggulan yang selalu rutin dilakukan karena dampak ke masyarakat sangat terasa sekali.

 

“Adapun pencapian prestasi ini berkat kekompakan seluruh pengurus, manajemen, dan relawan-relawan LAZISNU yang ada di kota Tarakan, ditambah lagi dengan dukungan seluruh masyarakat nahdliyin, yang telah mempercayakan zakat, infak, sedekahnya kepada LAZINU Kota Tarakan,” ungkap dia.

 

Menurut dia, sebenarnya bukan kali pertama LAZISNU Kota Tarakan mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia. Sebelumnya dalam acara yang sama yaitu Festival Ekonomi Syariah kawasan Timur Indonesia, LAZISNU Kota Tarakan sempat meraih terbaik ketiga dalam pengeloaan zakat di Kalimantan Utara.

 

Ustadz kandidat doktor ini pun lebih lanjut menambahkan penghargaan ini sebagai pelecut untuk lebih baik lagi ke depan. Terutama untuk menciptakan profesionalitas dalam pengelolaan zakat infak, dan sedekah.

 

"Ke depan LAZISNU harus memiliki manajemen yang lebih baik, kompeten, dan profesional. Penghargaan terbaik 1 ini bukan berarti puncak segalanya dan menunjukkan kita sudah baik. Masih banyak hal yang perlu kita perbaiki lagi bersama ke depannya," ujarnya.

 

Harapan lain, imbuh dia, melalui penghargaan dan prestasi yang diperoleh ini semakin menambah keyakinan dan kepercayaan masyarakat terkait pengelolaan LAZISNU Kota Tarakan.

 

“Sehingga program unggulan LAZISNU Kota Tarakan lewat gerakan Kotak Infak (Koin) NU semakin masif tersebar dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat,” pungkasnya.

 

Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Aiz Luthfi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×