Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

NU Banyuwangi Terus Genjot Peluncuran Kampung NU Percontohan

NU Banyuwangi Terus Genjot Peluncuran Kampung NU Percontohan
KH Ali Makki Zaini, Ketua PCNU Banyuwangi saat meresmikan Kampung NU Percontohan di Desa Kandangan, Pesanggarah. (Foto: NUO/Saiful Bari)
KH Ali Makki Zaini, Ketua PCNU Banyuwangi saat meresmikan Kampung NU Percontohan di Desa Kandangan, Pesanggarah. (Foto: NUO/Saiful Bari)

Banyuwangi, NU Online
Keseriusan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi, Jawa Timur meluncurkan ‘Kampung NU Percontohan’ terus dilakukan. Hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannya kampung percontohan keempat di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran.  


“Ini dalam rangka menyambut satu abad NU yang mana PCNU Banyuwangi meluncurkan kampung NU percontohan dan merupakan desa keempat yang diresmikan,” kata Zainal Mustofa, Jumat (07/10/2022).


Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Banyuwangi ini mengemukakan bahwa peresmian kampung NU percontohan di Ranting NU Desa Kandangan merupakan kado keempat. Karena sebelumnya sudah ada tiga desa yang dilaunching oleh PCNU Banyuwangi.


Dijelaskan bahwa kampung pertama yang diresmikan adalah di Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Tegalpare, Kecamatan Muncar. Kedua yakni PRNU Bubuk yang ada di Kecamatan Rogojampi, sedangkan ketiga yakni PRNU Cemetuk, Kecamatan Cluring.


Kegiatan diawali dengan pemotongan pita dan pelepasan balon oleh KH Ali Makki Zaini selaku Ketua PCNU Banyuwangi yang acara dipusatkan di masjid Sa'adah, Kamis (06/10/2022). Kemudian, dilanjutkan dengan dialog bersama warga dan pengurus lembaga maupun badan otonom (banom) NU setempat. 


Zainal Mustofa menjekaskan bahwa diresmikannya kampung NU percontohan di Desa Kandangan ini, benar-benar menjadi percontohan.


“Utamanya dapat meningkatkan rasa tolong menolong dan menjaga kekompakan," harap dia. 


Ketua PCNU Banyuwangi, KH Moh Makki Zaini menyampaikan bahwa peluncuran kampung NU percontohan sebagai persembahan Banyuwangi kepada jamiyah. 


“Hal ini sebagai wujud semangat untuk menyongsong satu abad berdirinya NU," katanya. 


Menurutnya, peresmian kampung NU percontohan merupakan salah satu cara yang dilakukan PCNU Banyuwangi dalam rangka memperingati satu abad jamiyah.


“Juga dalam rangka menjadikan Desa Kandangan sebagai kampung NU percontohan di Banyuwangi,” jelasnya. 


Lebih lanjut dikemukakan Gus Makki bahwa gerakan yang dilakukan tidak hanya menjadi kampung NU percontohan bagi PRNU se-Kabupaten Banyuwangi.


“Namun ini juga nanti dapat dicontoh oleh Pengurus Ranting NU se-Indonesia," tandasnya.


Sekadar diketahui bahwa PCNU Banyuwangi terus menggenjot peluncuran seratus kampung NU percontohan. Dalam praktiknya, keberadaan kampung dimaksud tidak semata klaim, namun memang seluruh elemen NU di kampung tersebut bisa menjadi rujukan.

 

Kontributor: Saiful Bari
Editor: Syaifullah Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×