Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Video Tokoh Hikmah Arsip Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Daerah Cerpen Ubudiyah Seni Budaya Sirah Nabawiyah Internasional Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan

Prodi Teknik Informatika Unusia Kenalkan Perancangan Teknologi Komunikasi Jarak Jauh

Prodi Teknik Informatika Unusia Kenalkan Perancangan Teknologi Komunikasi Jarak Jauh
Kegiatan Perancangan dan Implemetasi VoIP di Kampus Unusia Jakarta pada Sabtu (4/12/2021). (Foto: istimewa)
Kegiatan Perancangan dan Implemetasi VoIP di Kampus Unusia Jakarta pada Sabtu (4/12/2021). (Foto: istimewa)

Jakarta, NU Online
Program Studi Teknik Informatika Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (Unusia) mengadakan kerja sama dengan Universitas Pamulang (Unpam) Tangerang Selatan dalam program pengabdian kepada masyarakat. Kerja sama diwujudkan dengan kegiatan Perancangan dan Implemetasi Voice Over Internet Protocol (VoIP) di Kampus Unusia Jakarta pada Sabtu (4/12/2021).


“Tujuan kegiatan yang ingin dicapai dalam kegiatan kali ini adalah memberikan pelatihan mengenai software trixbox dan zoiper yang dapat membantu mahasiswa dalam mendesain dan mengimplementasikan VoIP sehingga mendapatkan pengetahuan yang lebih baik,” kata Dosen Prodi Teknik Informatika Fezan Nabawi dalam rilis yang diterima NU Online.


Dari kegiatan ini, lanjut dia, diharapkan mahasiswa Fakultas Teknik Unusia bisa menggunakan perangkat lunak Trixbox dalam membuat atau merancang suatu telepon berbasis IP. Karena itu sasaran peserta kegiatan ini adalah para mahasiswa Fakultas Teknik Unusia Jakarta.


Kegiatan menghadirkan tiga dosen Magister Teknik Informatika secara virtual, yakni Ir Agung Budi Susanto (Kaprodi Magister Teknik informatika Unpam), Abu Khalid Rivai (Ketua Pelaksana PKM), dan Arya Waskita yang membagikan materi Potensi Ancaman Siber pada VoIP.


Dalam kegiatan tersebut disampaikan bahwa teknologi saat ini berkembang pesat khususnya di bidang telekomunikasi. Pada dasarnya, semua orang yang terhubung ke jaringan dapat bertukar informasi dan data antara satu dengan yang lain, baik berupa gambar, suara, video, teks, dan yang lainnya.


Namun, jika menggunakan panggilan telepon tradisional, selain tarif yang mahal juga letak geografis menentukan besar kecilnya biaya yang harus dikeluarkan. Voice Over Internet Protocol (VoIP) merupakan sebuah teknologi inovasi yang menjadikan jaringan internet ataupun jaringan lokal komputer, sebagai media transmisi paket data suara agar pengguna dapat berkomunikasi satu sama lain.


Komunikasi suara melalui telepon, lanjut dia, dapat dilakukan melalui Internet tanpa keterbatasan biaya dan jarak. VoIP adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media Internet. Data suara dikonversi menjadi kode digital dan mengalir melalui jaringan yang mengirim paket data.


“VoIP ini bisa digunakan untuk mengimplementasikan jaringan telepon berbasis IP menggunakan media internet sebagai komunikasi dalam jaringan internet publik, maupun pada jaringan internal di Local Area Network (LAN),” kata Fezan.


Menurut dia, mahalnya harga telepon PABX dapat mengakibatkan meningkatnya biaya operasional perusahaan atau organisasi, sehingga dengan dirancang dan diimplentasikannya VoIP dapat menjadi alternatif solusi dari permasalahan tersebut. Jaringan VoIP yang dirancang menggunakan server CentOS menjadi sistem Trixbox CE berbasis SIP (Session Initiation Protocol).


Dengan menggunakan infrastruktur jaringan nirkabel seperti wifi, lanjut dia, teknologi VoIP dapat digunakan pada telepon jaringan atau diperangkat mobile menggunakan Softphone seperti aplikasi mobile X-Lite dan Zoiper sebagai pengganti IP Phone yang terhubung dengan satu jaringan.


Ia menambahkan, Voice over Internet Protocol (VoIP) merupakan teknologi komunikasi suara berbasis IP. Pengguna dapat melakukan komunikasi suara hanya dengan menggunakan jaringan internet, intranet, atau ethernet. Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah salah satu contoh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini.


“Teknologi VoIP sangat menguntungkan karena menggunakan jaringan berbasis IP yang sudah memiliki jaringan kuat di dunia sehingga biaya untuk melakukan panggilan jauh lebih efisien daripada menggunakan telepon analog,” terangnya.


Dengan memanfaatkan jaringan komputer yang sudah ada, kata Fezan, memungkinkan teknologi VoIP dapat diimplementasikan di universitas dan perusahaan.


Pewarta: Kendi Setiawan
Editor: Musthofa Asrori



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×