Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Siapkan Layanan Ambulans Digital, LAZISNU Cilacap Luncurkan Mobisnu

Siapkan Layanan Ambulans Digital, LAZISNU Cilacap Luncurkan Mobisnu
Peluncuran aplikasi Mobil Sehat Nahdlatul Ulama (Mobisnu) oleh LAZISNU Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (10/9/2022). (Foto: LAZISNU Cilacap)
Peluncuran aplikasi Mobil Sehat Nahdlatul Ulama (Mobisnu) oleh LAZISNU Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (10/9/2022). (Foto: LAZISNU Cilacap)

Cilacap, NU Online
Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menargetkan pengelolaannya akan berbasis digital pada semester pertama tahun 2023.


Memulai itu, LAZISNU Cilacap meluncurkan aplikasi Mobil Sehat Nahdlatul Ulama (Mobisnu) pada Sabtu (10/9/2022).


Direktur Eksekutif LAZISNU Cilacap Ahmad Fauzi mengatakan aplikasi Mobisnu adalah aplikasi berbasis website. Rencananya akan berbasis Android dalam waktu dekat ini.


"Dalam mengikuti perkembangan digital, aplikasi Mobisnu yang berawal aplikasi berbasis website. Juga akan dikembangkan menjadi aplikasi pelayanan berbasis android," ujarnya sebagaimana beritakan NU Cilacap Online diakses Rabu (14/9/2022).


Kata Fauzi, aplikasi Mobisnu bertujuan untuk permintaan layanan dan merekam jejak pelayanan ambulans. Dengan hadirnya Mobisnu, masyarakat yang memerlukan layanan ambulans dapat mengajukan melalui Petugas Lapangan Penarik Koin (PLPK) atau koordiantor PLPK di tiap ranting.


Hadirnya Mobisnu juga diperkuat dengan adanya petugas pengendara (driver). Untuk itu, pada saat peluncuran, dilakukan juga pembinaan serta pembekalan soal SOP internal.


Ahmad Fauzi menegaskan bahwa pembinaan untuk pengendara ambulans LAZISNU sangat dibutuhkan. Ia berharap  ke depan dalam pelayanan ambulans di Kabupaten Cilacap lebih baik lagi dan sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan.


"Driver ambulance harus memahami mekanisme pengelolaan mobil ambulance dari sudut pandang kesehatan maupun dari SOP (Standard Operating Procedure)," tegasnya.


Selain pembinaan pengendara ambulans, LAZISNU Cilacap juga mengagendakan penyelenggaraan Workshop Penanganan Dasar yang akan bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Cilacap.


Katib Syuriyah PCNU Cilacap Kiai Abdal Malik menyampaikan bahwa Nahdlatul Ulama harus mengedepankan pelayanan terutama untuk pelayanan sosial ambulans LAZISNU Cilacap.


"Diver ambulans kemanusiaan harus ikhlas dalam bergerak, fokus dalam pelayanan dan patuh terhadap SOP pengelolaan ambulans," tuturnya.


Sebelumnya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap memberikan penghargaan kepada LAZISNU Cilacap, Jawa Tengah sebagai LAZ terbaik dan responsif terhadap kebutuhan layanan ambulans untuk umat.


Kasi Penyelenggara Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf) Kemenag Cilacap, H Aryo Subroto mengungkapkan apresiasinya atas inovasi LAZISNU Cilacap dalam memudahkan masyarakat mengakses mobil ambulans. Dirinya mengatakan terobosan dan inovasi LAZISNU Cilacap dalam memberikan layanan umat sangat tinggi.


"Termasuk dengan penyediaan mobil ambulans di setiap kecamatan berbasis digital, sehingga memudahkan masyarakat untuk mengakses mobil ambulans di saat membutuhkan," ujar Aryo.


Kantor Kemenag Cilacap selaku Pembina LAZ dan Baznas, kata Aryo merasa bangga atas prestasi yang diraih oleh LAZISNU Cilacap.


Ketua LAZISNU Cilacap H Wasbah Samudra mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ini. Prestasi ini diraih tidak terlepas dari kerjasama semua elemen di tubuh LAZISNU. "Ini semua berkat rahmat Allah dan ikhtiar tim di LAZISNU, UPZIS, MWC, Ranting dan para sopir ambulans yang hebat," kata Wasbah.


Editor: Kendi Setiawan
 



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×