Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Berapa Batas Ideal Konsumsi Gula dalam Sehari? Ini Penjelasannya

Berapa Batas Ideal Konsumsi Gula dalam Sehari? Ini Penjelasannya
Berapa Batas Ideal Konsumsi Gula dalam Sehari? Ini Penjelasannya
Berapa Batas Ideal Konsumsi Gula dalam Sehari? Ini Penjelasannya

Jakarta, NU Online

Jagat maya tengah diramaikan dengan kasus jenama, minuman manis yang melakukan somasi terhadap pelanggannya, karena dinilai melontarkan kritik yang kurang pantas di media sosial Twitter. Pelanggan tersebut mengomentari minuman yang ia beli dirasa terlalu manis.


Para warganet kemudian berbondong-bondong memberikan respons yang variatif. Tak hanya itu, bahasan kemudian melebar, warganet turut menyinggung soal bahaya minuman manis bagi kesehatan.


Lantas, berapa banyak asupan gula ideal per harinya bagi seseorang?


Melansir Healthline, Jumlah gula yang aman dikonsumsi per hari bergantung pada total asupan kalori, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya.


Secara umum, sangat dianjurkan bagi seseorang untuk menghindari gula tambahan jika memungkinkan karena tidak mengandung nutrisi yang bermanfaat.


Konsumsi gula berlebih sangat berkaitan dengan sejumlah penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, kanker tertentu, kerusakan gigi, hingga penyakit hati.


Menurut American Heart Association (AHA), jumlah pria dan wanita memiliki jumlah maksimal konsumsi ideal per hari yang berbeda.


Batas asupan gula harian pada kondisi normal yang direkomendasikan bagi pria adalah 150 kalori per hari atau setara 37,5 gram (9 sendok teh). Sedangkan untuk wanita dewasa, sebanyak 100 kalori per hari atau setara 25 gram (6 sendok teh).


Pedoman diet Amerika Serikat (AS) menyarankan untuk membatasi asupan gula hingga kurang dari 10 persen dari asupan kalori harian. Untuk seseorang yang makan 2.000 kalori per hari, ini sama dengan 50 gram gula atau sekitar 12,5 sendok teh.


Cara membatasi konsumsi gula harian

Adapun cara untuk menghindari konsumsi gula yang berlebihan yakni dengan membatasi konsumsi beberapa makanan seperti jus buah kemasan, permen, kue kering, makanan rendah lemak, dan minuman manis.


Alih-alih membeli minuman manis, akan lebih baik jika Anda melepas dahaga dengan minum air putih. Jika Anda cukup menyukai minuman atau makanan manis, Anda bisa menggunakan sumber alternatif alami seperti stevia dan buah biksu.  


Untuk mengoptimalkan kesehatan Anda, usahakan menghindari makanan yang mengandung gula tambahan.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×