Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Hati-hati, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Marah

Hati-hati, 6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Marah
6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Marah
6 Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Kamu Gampang Marah

Jakarta, NU Online

Tak sedikit orang sering kali mudah emosi dan marah. Emosi kerap melonjak, disebabkan berbagai hal. Pada kasus tertentu, emosi seseorang bahkan bisa meledak meski hanya karena masalah kecil yang sepele.


Tahukah Anda, bahwa makanan juga berpotensi mempengaruhi kondisi emosi?


Menurut ahli gizi Neha Raheja, terdapat sejumlah makanan yang dapat mengganggu emosimu sehingga mudah tersinggung dan gampang marah. Berikut 6 makanan dan minuman yang dapat mengobarkan emosi Anda, mengutip The Health Site.

 
1. Makanan pedas

Hindari makanan pedas untuk suasana hati yang lebih tenang. Jauhi makanan ini terutama ketika Anda sedang stres. Ini karena tubuh tidak akan dapat memproses makanan, lantaran metabolisme yang melambat.
 

Hal ini dapat menyebabkan refluks asam sehingga membuat Anda mudah tersinggung. Makanan pedas juga dapat menghasilkan efek pemanasan di tubuh Anda dan membuat Anda rewel.
 

2. Gorengan
 
Sebuah penelitian dari University of California menemukan bahwa semakin banyak lemak trans yang dikonsumsi, semakin mudah seseorang untuk marah. Ini karena lemak trans mengganggu metabolisme asam lemak omega 3 yang seharusnya membuat tubuh tetap seimbang. Kekurangan omega 3 dalam tubuh berkaitan dengan agresi. Jadi, hindari semua makanan yang digoreng.
 

3. Minuman berkafein
 
Minum terlalu banyak kopi atau teh sepanjang hari, terutama menjelang waktu tidur dapat mengganggu kualitas tidur dan membuat marah juga tersinggung.
 

Maka, usahakan menenggak secangkir kopi paling lambat 3 jam sebelum tidur.
 

4. Makanan olahan
 
Makanan olahan seperti kue kering, keripik, dan pasta mungkin membuat Anda merasa baik untuk sesaat, tetapi itu hanya sebentar. Selanjutnya, mereka berpotensi menyebabkan lonjakan tiba-tiba kadar gula darah dalam tubuh yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan juga membuat Anda mudah marah.
 

5. Permen karet
 
Makan permen karet dan permen buatan diketahui dapat menimbulkan gangguan pencernaan yang berhubungan dengan stres, yang pada akhirnya dapat menyebabkan iritabilitas atau mudah tersinggung.
 

6. Alkohol

Hindari minuman yang satu ini; Alkohol. Alkohol, stres, dan kemarahan saling berkaitan. Minuman yang satu ini diketahui dapat merangsang pelepasan kortisol. Alkohol juga mempengaruhi sistem kerja saraf tubuh sehingga membuat Anda gelisah dan agresif.


Pewarta: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin





Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×