Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Tiga Cara Cepat Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Tiga Cara Cepat Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran
Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

Jakarta, NU Online
Perayaan Idul Fitri sangat lekat dengan sejumlah hidangan. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringan seperti kue kering. Semuanya tampak menggugah selera. Kendati demikian, menu yang disajikan tersebut tergolong makanan yang tinggi gula maupun kalori. 

 

Mengonsumsi menu lebaran yang berlebihan dan tanpa perhitungan bisa menyebabkan berat badan naik selama lebaran. Hal ini kerap terjadi dan dikeluhkan baik pria maupun wanita. Meski begitu, hal tersebut dapat diatasi sehingga berat badan bisa kembali normal. 

 

Melansir Healthline, terdapat sedikitnya tiga cara cepat untuk menurunkan berat badan yang naik setelah lebaran. Pertama, mengurangi asupan karbohidrat olahan. Karbohidrat olahan diketahui telah melewati serangkaian proses pengolahan sehingga kehilangan kandungan serat, vitamin, serta mineralnya. Hal ini yang membuat karbohidrat olahan tergolong makanan tinggi kalori dan rendah gizi. 

 

Mengurangi karbohidrat olahan dapat membantu menekan nafsu makan, menurunkan kadar insulin, dan membantu menurunkan berat badan.

 

Adapun makanan yang tergolong sebagai karbohidrat olahan adalah gula pasir, tepung, sirup jagung fruktosa, dan konsentrat jus buah.

 

Kedua, menyeimbangkan asupan protein, lemak, dan sayuran. Tiga unsur penting yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah protein, lemak sehat, dan sayuran.

 

Secara umum, rata-rata kebutuhan protein laki-laki sekitar 56-91 gram per hari dan rata-rata kebutuhan perempuan 46-75 gram per hari. Adapun sumber protein yang baik dikonsumsi meliputi, daging, ikan laut, telur, kacang-kacangan, quinoa, tempe, dan tahu.

 

Selain protein, sayuran penting dimasukan dalam list makanan saat diet. Sayuran dianggap sebagai sumber serat, rendah kalori, kaya nutrisi, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Adapun sayuran yang baik dikonsumsi saat diet seperti brokoli, kol, bayam, selada, timun, tomat, dan kubis. 

 

Sementara lemak baik bisa bersumber dari minyak zaitun dan minyak alpukat. 

 

Ketiga, melakukan aktivitas fisik. Menjaga asupan makanan perlu diiringi dengan berolahraga saat hendak menurunkan berat badan. Salah satu jenis olahraga yang dapat membantu proses penurunan berat badan dengan cepat adalah angkat beban. 

 

Angkat beban dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Angkat beban dapat dilakukan 3-4 kali seminggu. Selain angkat beban, latihan kardio seperti berjalan, jogging, berlari, bersepeda, atau berenang juga sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan kesehatan secara umum.

 

Kontributor: Nuriel Shiami Indiraphasa
Editor: Muhammad Faizin



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Kesehatan Lainnya

Terpopuler Kesehatan

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×