Home Warta Fragmen Quran New Keislaman English Opini Tokoh Hikmah Download Kesehatan Lainnya Nasional Esai Khutbah Ubudiyah Cerpen Daerah Seni Budaya Internasional Sirah Nabawiyah Tafsir Risalah Redaksi Hikmah Nikah/Keluarga Obituari Ramadhan Pustaka Humor

Nyai Hj Nurul Kamila, 4 Periode Ketua Muslimat NU Kalisat Jember

Nyai Hj Nurul Kamila, 4 Periode Ketua Muslimat NU Kalisat Jember
Ketua PAC Kalisat, Kabupaten Jember, Nyai Hj Nurul Kamila di tengah-tengah pengurus Muslimat NU dan anak yatim usai penyerahan santunan di Balai Desa Sebanen, Kalisat, Jumat (31/1). (Foto: NU Online/Aryudi AR)
Ketua PAC Kalisat, Kabupaten Jember, Nyai Hj Nurul Kamila di tengah-tengah pengurus Muslimat NU dan anak yatim usai penyerahan santunan di Balai Desa Sebanen, Kalisat, Jumat (31/1). (Foto: NU Online/Aryudi AR)

Jember, NU Online

Nyai Hj Nurul Kamila, namanya. Perhatian dan pengabdian wanita kelahiran Jember 19 Pebruari 1972 ini terhadap NU sungguh mengesankan. Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur ini bergerak secara kultural dan strukural dalam membesarkan NU. Di bawah kepemimpinannya, NU Kalisat benar-benar hidup.

 

Kendati Nyai Nurul cukup sibuk sebagai pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Glagahwero, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, namun ia masih bisa berbagi waktu untuk mengurusi PAC dan membina 12 Ranting NU se-Kalisat. Di antara kegiatan yang rutin dilakukan adalah pertemuan forum komunikasi PAC Muslimat NU (dua pekan sekali), pertemuan bergilir di setiap Ranting Muslimat NU sebulan sekali, dan sebagainya. Jika bulan Ramadan, kegiatan tentu lebih banyak lagi, baik dimensi ibadah maupun sosial. Yang menarik, hampir dalam setiap pertemuan, sering diselipkan pemberian bantuan untuk anak yatim dan warga tidak mampu.

 

“Isi pertemuan itu, rutinitas biasa, istigotsah dan pencerahan seputar Ahlussunnah wal Jama'ah. Selan itu, kami juga usahakan ada pemberian santunan. Ini penting karena santunan itu langsung dirasakan manfaatnya oleh mereka yang membutuhkan,” terang Nyai Nurul di kediamannya, Sabtu (1/2).

 

Baginya kegiatan rutinitas NU harus jalan terus, lebih-lebih untuk saat ini. Di samping untuk melestarikan amalan NU, juga untuk mencegah maraknya gerakan radikal yang mulai merambah ke pelosok desa. Pembinaan dan kegiatan yang terus dilakukan, otomatis membentengi masyarakat dari penyusupan gerakan radikal.

 

“Ini (kegiatan) penting. Sebab ketika kita vakum dari kegiatan, maka kegiatan mereka (kelompok radikal dan sejenisnya) yang masuk,” jelas ibu dari dua putri dan satu putra itu.

 

Nyai Nurul tidak hanya semangat berdakwah dan berkegaitan sosial, tapi juga perhatian kepada Ranting Muslimat NU di bawah naungannya. Karena itu, tak heran jika ia selalu dipertahankan sebagai Ketua PAC Muslimat NU Kalisat. Bahkan hingga saat ini Istri KH Rasyidi Baihaqi tersebut sudah empat kali dilantik secara berturut-turut sebagai Ketua PAC Muslimat NU Kalisat.

 

“Pelantikan yang dilakukan Jumat lalu (31/1) itu yang keempat kalinya. Ranting-ranting maunya seperti itu, ya kita manut saja,” tutur  pengurus Pimpinan Cabang Muslimat NU Jember bidang Dakwah tersebut.

 

Pewarta: Aryudi AR

Editor: Ibnu Nawawi



Download segera! NU Online Super App, aplikasi keislaman terlengkap. Aplikasi yang memberikan layanan informasi serta pendukung aktivitas ibadah sehari-hari masyarakat Muslim di Indonesia.

Terkait

Daerah Lainnya

Terpopuler Daerah

Rekomendasi

topik

Berita Lainnya

×